Dark/Light Mode

Godok Cagub Tiga Provinsi Di Jawa

PKB Tunggu Arahan Kiai

Kamis, 20 Juni 2024 07:30 WIB
Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, Luluk Nur Hamidah.  (Foto: IG luluknurhamidah1)
Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, Luluk Nur Hamidah. (Foto: IG luluknurhamidah1)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hingga kini belum meresmikan Calon Gubernur (Cagub) yang akan diusung di tiga provinsi di Jawa, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah,dan Jawa Timur, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak November 2024. Menunggu arahan para kiai.

"PKB masing menggodok nama-nama yang potensial diusung. PKB sowan dulu dan menunggu dawuh para kiai dan masayikh," kata Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, Luluk Nur Hamidah dalam keterangannya, Rabu (19/6/2024).

Luluk bilang, PKB sebenarnya telah menyiapkan sejum­lah figur yang dinilai memiliki elektabilitas cukup baik di tiga provinsi tersebut. Figur-figur ini, lanjutnya, juga atas usu­lan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) maupun stakeholder utama PKB, seperti para kiai dan pondok pesantren. "Selain tentu juga mengedepankan proses yang terbuka. Dari mulai pendaftaran, uji kelayakan dan lain-lain," se­but Anggota Komisi IV DPR ini.

Baca juga : Biaya Kuliah Kedokteran Seharga Mobil Alphard

Diungkapkan, nama-nama yang diusulkan untuk tiga provinsi di Jawa tersebut. Di Jawa Tengah, menguat nama Muhammad Yusuf Chudlori (Gus Yusuf). Untuk Jawa Timur, ada duet KH. Marzuki Mustamar dan Tri Rismaharini (Marzuki-Risma). Sementara di Jawa Barat, ada nama Syaiful Huda.

Hingga kini, PKB terus berkonsolidasi dan berkomunikasi dengan partai politik lain untuk berkoalisi. Terutama dengan partai yang memiliki visi mem­bangun tiga provinsi tersebut menjadi lebih baik. "Nama-nama yang masuk kita tampung dan kita uji. Baik internal atau­pun kader eksternal. Belum ada yang fixed nama-nama calon itu. PKB perlu koalisi dengan partai lain," ujarnya.

Khususnya Jawa Tengah, Wakil Ketua Umum DPP PKB, Jazilul Fawaid menyebut, Gus Yusuf yang dinilai punya ele­ktabilitas cukup baik ini telah menjalin komunikasi dengan PDI Perjuangan (PDIP) dan partai politik lainnya. "Gus Yusuf sebagai Ketua DPW PKB Jawa Tengah sudah komuni­kasi dengan lintas partai di Jawa Tengah," kata Gus Jazil.

Baca juga : Banteng Jabar Masukkan Susi Pudjiastuti Di Plan B

PDIP juga telah menugaskan kadernya bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk berkomu­nikasi soal Pilkada Jawa Tengah.

"Ya Jawa Tengah sama kita punya banyak kepala daerah, pu­nya tokoh-tokoh nasional, nama-nama yang disuarakan publik itu yang terus kami kaji termasuk membangun kerja sama dengan partai politik. Kami sudah menu­gaskan ada yang bertemu dengan Cak Imin Ketua Umum PKB," kata Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto belum lama ini.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 20 Juni 2024 dengan judul Godok Cagub Tiga Provinsi Di Jawa, PKB Tunggu Arahan Kiai

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.