Dark/Light Mode

Penyelenggara Pilkada di Kotawaringin Timur Jalani Rapid Test

Senin, 29 Juni 2020 00:30 WIB
Ilustrasi rapid test (Foto: Istimewa)
Ilustrasi rapid test (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyelenggara Pilkada di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah sudah mulai menjalani rapid test, difasilitasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat.

Tes cepat ini sangat penting bagi penyelenggara pilkada. Karena dalam waktu dekat, mereka akan melakukan verifikasi faktual dukungan bakal calon perseorangan.

"Interaksi ini dapat memungkinkan terjadinya penularan. Terutama, jika ada petugas atau warga yang tertular Covid-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kotawaringin Timur Multazam di Sampit, seperti dilansir Antara, Minggu (28/6).

Baca juga : BNI Ajak Pekerja Migran Indonesia di Korea Selatan Mulai Investasi

Tes cepat ini dilakukan sejak Kamis (25/6) lalu, dan diikuti 1.321 orang penyelenggara pilkada. Mereka terdiri dari Komisioner dan Sekretariat KPU Kabupaten Kotawaringin Timur, KPU Kabupaten, PPK beserta sekretariat PPK, PPS beserta sekretariat PPS, dan petugas yang akan melaksanakan verifikasi faktual dukungan calon perseorangan.

"Tes cepat itu dilaksanakan selama empat hari, dengan membagi beberapa zona. Pemeriksaan yang dibiayai pemerintah pusat itu dilakukan untuk mendeteksi, sekaligus melindungi agar penyelenggara pilkada aman dan memahami kondisi kesehatannya. Sehingga, bisa terus mencegah penularan Covid-19," tutur Multazam.

Namun, Multazam tidak menyebutkan, berapa jumlah penyelenggara pilkada, yang hasil spesimennya dinyatakan reaktif. Belum diketahui pula berapa banyak yang diisolasi di Klinik ODP (orang dalam pemantauan) Islamic Center dan isolasi mandiri di rumah.

Baca juga : Network Sharing Penyelengara Jaringan Bisa Timbulkan Persaingan Usaha Tak Sehat

"Biar KPU yang menjelaskan, karena ini kegiatan KPU. Gugus tugas hanya membantu dalam pelaksanaannya," kata Multazam yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotawaringin Timur ini.

Sementara itu, Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih mengaku masih menghimpun data secara keseluruhan, karena tes cepat tersebut memang dilaksanakan di beberapa lokasi dalam waktu bergantian. Dengan jumlah peserta yang cukup banyak.

"Besok ya, karena belum semua terkumpul. Nanti kalau sudah ada hasil semua, baru akan kami informasikan," ujar Siti Fathonah seperti dikutip Antara, Minggu (28/6). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.