Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Diumumkan Besok, PDIP Usung Bobby-Aulia di Pilkada Kota Medan

Senin, 10 Agustus 2020 15:04 WIB
Bobby Afif Nasution (kanan) dan Aulia Rahman (Foto: Istimewa)
Bobby Afif Nasution (kanan) dan Aulia Rahman (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengumuman jagoan PDIP di Pilkada Kota Medan akan diumumkan Selasa (11/8). Sebelum pengumuman, Wakil Ketua DPD PDIP Sumatera Utama (Sumut) Aswan Jaya sudah memastikan, partainya akan mengusung duet Bobby Afif Nasution-Aulia Rahman.

Aswan memastikan, partainya tidak akan mengusung nama Akhyar Nasution. Akhyar sendiri telah dipecat karena dianggap tidak taat dan patuh terhadap partai yang sudah membesarkan namanya. Apalagi, Akhyar Nasution sudah resmi bergabung sebagai kader Partai Demokrat.

Baca juga : Final! Banteng Usung Yuri-Anca di Pilkada Belitung Timur

"Untuk pasangan Bobby Afif Nasution-Aulia Rahman, salah satu dari pasangan yang juga diundang untuk menghadiri pengumuman pasangan calon untuk 13 kabupaten/kota secara virtual. Mereka akan hadir dalam menerima mandat itu di Kantor DPD PDI Perjuangan Sumut, Jalan Jamin Ginting Medan. Aulia Rahman merupakan Ketua Komisi II DPRD Medan, kader Partai Gerindra," ujar Aswan Jaya, seperti dikutip gesuri.id, Senin (10/8).

Aswan menambahkan, Bobby-Aulia masuk dalam tahap ketiga pengumuman pasangan calon oleh DPP PDIP. Dalam tahap pertama, PDIP sudah mengumumkan pasangan Rapidin Simbolon-Juang Sinaga di Kabupaten Samosir, Lakhomizaro Zebua-Sowa’a Laoli di Kota Gunung Sitoli, Dosmar Banjarnahor-Yanto Sihotang di Kabupaten Humbang Hasundutan. dan Hilarius Duha-Firman Giawa di Nias Selatan.

Baca juga : Gerindra Resmi Usung Eks Kopassus Di Pilkada Purworejo

Pada gelombang kedua, PDIP mengumumkan pasangan calon Darma Wijaya- Adlin Umar Yusri Tambunan di Kabupaten Serdang Bedagai, dan Asner Silalahi-Susanti Dewayani di Kota Siantar. Dengan pengumuman dari tahap pertama sampai ketiga itu, PDI Perjuangan sudah mengumumkan 19 pasangan calon.

Untuk Pilkada Kota Medan, Bobby Nasution diusung PDIP yang memiliki 10 kursi di DPRD Kota Medan dan Partai Gerindra yang juga 10 kursi. Kedua partai ini sebenarnya memenuhi persyaratan untuk mengajukan calon sendiri. 

Baca juga : Bobby Vs Petahana, Pilkada Kota Medan Kurang Sedap

Bobby-Aulia juga diusung PAN dengan 6 kursi, Nasdem 4 kursi, Golkar 4 kursi, Hanura 2 kursi, PSI 2 kursi dan PPP 1 kursi. Sedangkan Partai Demokrat dan PKS dikabarkan mengusung Akhyar Nasution-Salman Alfarisi. Di DPRD Medan, PKS memiliki 7 kursi dan Demokrat 4 kursi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.