Dark/Light Mode

Tunjuk Ahmad Basir, Nasdem Usung Kader di Pilkada Balikpapan

Selasa, 30 Juni 2020 07:44 WIB
Bendera Partai Nasdem (Foto: Istimewa)
Bendera Partai Nasdem (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Nasdem resmi menyerahkan rekomendasi kepada Ahmad Basir maju di kontestasi Pilkada Kota Balikpapan 2020. Basir adalah kader partai besutan Surya Paloh itu. Saat ini dia menjabat Bendahara Umum Nasdem Kota Balikpapan. Surat rekomendasi ini diserahkan langsung Sekretaris DPW Nasdem Kaltim Fatimah Ahmad kepada Ketua DPD Nasdem Kota Balikpapan Rizal Effendi yang kemudian menyerahkannya ke Ahmad Basir.

“Surat rekomendasi ini dari DPP yang diserahkan ke DPW, namun resminya nanti setelah ada pasangannya dan ini makin mengkristal  yang nantinya akan ditambah dengan koalisi partai,” ujar Ketua DPD Nasdem Kota Balikpapan, Rizal Effendi, kemarin.

Dalam petarungan elektoral di Kota Balikpapan, Rizal mengklaim telah merangkul lima partai yang berasal dari parlemen setempat. Partai tersebut yakni PPP, Hanura, Perindo dan PKB.

Baca juga : Menko Polhukam Bantah Anggaran Pilkada Belum Cair

“Jadi saat ini (total) ada 10 suara (yang berasal dari partai-partai) di parlemen (Kota Balikpapan) di mana syaratnya hanya 9 kursi. Saat ini Nasdem yang memiliki tiga kursi di parlemen terus  membangun komunikasi politik dengan PPP yang memiliki tiga kursi, Hanura dengan dua kursi, Perindo dengan satu kursi, PKB yang juga satu kursi,” ujarnya.

Kerja keras ini, kata Rizal harus dilakukan seluruh elemen partai terutama bakal calon wali kota yang sudah mendapatkan rekomendasi dari DPP Nasdem. Disinggung soal pendamping Basir, Rizal menyampaikan bahwa koalisinya sudah menyiapkan lima nama. Kelimanya adalah kandidat yang berasal  dari hasil seleksi dari 15 peserta.

“Ya saat ini sudah dikerucutkan menjadi 4 sampai 5 nama, mereka dari latar belakang yang berbeda-beda ada yang birokrasi, politis, pengusaha hingga tokoh masyarakat, mudah-mudahan  dalam waktu satu dua minggu ke depan nama calon wawalinya sudah ada,” ujarnya.

Baca juga : Pengawasan Tak Jelas, Akademisi Usulkan Kartu Pra-Kerja Dialihkan ke Bantuan Sembako

Rizal menambahkan, latar belakang bakal calon wawali tidak  dipermasalahkan yang penting yang  bersangkutan mampu berkontribusi dalam memenangkan pasangan calon. Penentuan bakal calon wawali ini bisa dilakukan dari pengamatan, survei bahkan rekomendasi dari partai koalisi pengusung pasangan calon.

Ahmad Basir menambahkan, selain partai-partai yang disebutkan Rizal, dirinya juga sudah merangkul sejumlah partai nonparlemen. Di antaranya PSI, PBB dan PAN.

“Balikpapan tidak bisa dibangun dengan satu atau dua orang  saja atau satu dua kelompok saja,  namun harus dibangun semua lapisan masyarakat. Saat ini saya sudah membangun komunikasi politik dengan lima parpol yang ada di parlemen, mudah-mudahan akan ada rekomendasi lagi dari parpol-parpol tersebut,” ujarnya.

Baca juga : Tidak Fair, Memvonis Nur Azizah Aji Mumpung Saat Maju Pilkada Tangsel

Sementara, untuk pasangannya sebagai bakal calon wakil wali kota, dari lima nama yang mencuat masih akan dicari yang terbaik. Basir mengatakan, saat ini masih dilakukan penjaringan sambil meminta masukan dari berbagai kalangan. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.