Dark/Light Mode

Dua Paslon Jalani Tes Swab Corona

Kalau Positif, Cawalkot Surabaya Tak Digugurkan, Cuma Diisolasi

Selasa, 8 September 2020 08:36 WIB
Tes swab Covid-19/Ilustrasi (Foto: Randi Tri Kurniawan/RM)
Tes swab Covid-19/Ilustrasi (Foto: Randi Tri Kurniawan/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua pasangan calon (paslon) Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya menjalani tes swab Covid-19 di Graha Amerta, RSUD dr. Soetomo, Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), kemarin. Kedua paslon itu adalah Eri Cahyadi-Armuji dan Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno. 

“Hari ini (kemarin), kedua paslon mengikuti tes swab dari pagi sampai siang,” kata Komisioner KPUD Kota Surabaya Soeparayitno, kemarin. 

Baca juga : KSAD: Jangan Dirugikan, Mereka Bisa Terus Ikut Seleksi

Eri-Armuji bersama tim suksesnya mendatangi Graha Amerta RSUD dr Soetomo sekitar pukul 07.30 WIB. Sedangkan Machfud-Mujiaman dan tim suksesnya hadir pukul 10.30 WIB. Menurut Soeparayitno, tes¬ swab dua paslon ini sudah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 10 Tahun 2020 tentang Tahapan Pemilu di era Covid-19. 

Meski demikian, lanjut dia, hasilnya tidak jadi bagian dari syarat yang bisa menggugurkan calon. Apabila calon wali kota (cawalkot) ada positif Corona, calon disarankan diisolasi. “Nanti malam diserahkan ke KPUD Kota Surabaya. Cuma ini menjadi data yang dikecualikan untuk dipublikasikan,” ujarnya. 

Baca juga : Insya Allah, Surabaya Tak Akan Seperti Wuhan

Selain tes swab, lanjutnya, dua paslon juga harus mengikuti pemeriksaan jiwa dan psikologis. Tes ini akan dilaksanakan besok serta pemeriksaan jasmani pada Rabu, 9 September 2020. Tes kejiwaan, psikologis serta pemeriksaan jasmani di Graha Amerta RSUD Soetomo juga diikuti calon kepala daerah dari kabupaten/kota lainnya. 

Tes ini, jelas Soeparayitno, akan dibagi dua kelompok. Yakni A dan B. Untuk calon dari Surabaya, Mojokerto dan Lamongan masuk kelompok B, sedangkan calon dari Sidoarjo, Gresik dan Tuban masuk kelompok A. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.