Dark/Light Mode

Hasil Swab Test di KPUD

Satu Cawabup Sidoarjo Positif Kena Covid-19

Rabu, 9 September 2020 07:58 WIB
Tes Covid019/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Tes Covid019/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satu calon Wakil Bupati (Cawabup) Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), terindikasi terpapar Covid-19 berdasarkan hasil swab test di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD). Calon pemimpin daerah ini harus menjalani isolasi mandiri dan belum bisa melanjutkan tahapan selanjutnya. 

Dari 6 calon mendaftar ke KPUD Sidoarjo untuk mengikuti Pilkada 2020, salah satunya dipastikan positif Covid-19. “Satu orang terpapar itu posisinya sebagai calon wakil bupati,” kata Ketua KPUD Sidoarjo M Iskak, kemarin. 

Baca juga : 22 Petugas Pengawas Pilkada Boyolali Positif Covid-19

Saat ini, jelas Iskak, pasangan calon kepala daerah itu belum bisa melanjutkan tahapan berupa pemeriksaan kesehatan karena harus menjalani isolasi mandiri. “Karena sifatnya satu paket, maka antara calon bupati dan wakil bupati belum bisa melanjutkan tahapan pemeriksaan kesehatan,” ujarnya. 

KPUD Sidoarjo baru bisa melaksanakan tahapan pilkada kepada pasangan calon itu jika mereka sudah negatif Covid-19 berdasarkan tes usap atau swab test. “Ini tidak mempengaruhi tahapan Pilkada Sidoarjo karena ada dua pasang lainnya tidak terpapar Virus Corona,” jelasnya. 

Baca juga : Mulai Besok, Ridwan Kamil Jalani Tes Uji Klinis Vaksin Covid-19

Iskak menuturkan, pada saat proses pendaftaran Pilkada Sidoarjo berlangsung, satu calon kepala daerah itu memang sudah positif berdasarkan hasil tes usap. Tapi, baru diketahui pada saat pendaftaran berlangsung. “Saat itu kami berkomunikasi dengan penghubung pasangan calon supaya bersangkutan segera meninggalkan kantor KPUD,” katanya. 

Pilkada Sidoarjo 2020 ada tiga paslon Bupati-Wakil Bupati, yakni pasangan Bambang Haryo Sukartono-Taufiqulbar, Kelana Aprilianto-Dwi Astuti dan Ahmad Muhdlor Ali-Subandi. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.