Dark/Light Mode

Pilkada Tangsel Tinggal Sebulan Lagi, Burhanuddin: Belum Ada Paslon Yang Mendominasi

Rabu, 18 November 2020 09:11 WIB
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi (Foto: Istimewa)
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan diprediksi berlangsung seru. Pasalnya, tidak ada pasangan calon yang mendominasi. Pasangan calon nomor urut satu, yaitu Muhamad-Rahayu Saraswati, unggul tipis 2,7 persen dari pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, atas rilis survei Indikator terbaru, ihwal dinamika elektoral Pilkada Kota Tangsel, dengan tajuk “Dilema Partisipasi dan Politik Uang di Era Pandemi”, kemarin. “Muhamad dan Rahayu Saraswati mendapat posisi tertinggi yakni 34,5 persen. Sementara Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan 31,8 persen, dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben 12,1 persen,” ujar Burhanuddin. 

Burhanuddin menjelaskan, belum terlihat siapa yang akan mendominasi Pilkada Tangsel. Hasilnya, sangat ditentukan dari pergerakan dan pendekatan kandidat di waktu yang kurang satu bulan ini. Siapa pun masih punya peluang. Apalagi menurutnya, dukungan partai politik tidak begitu mendominasi. 

Baca juga : Mantan Ketua DPR Nantang Tunjukin Bukti Transfer Duit

Salah satu indikatornya, kata peraih gelar Ph.D dari Australian National University (ANU) ini, ketika responden ditanya apakah akan memilih berdasarkan pilihan partai politik. Hasilnya, sebanyak 73,8 persen menjawab lebih memilih calon wali kota yang disukainya, walaupun tidak didukung partai yang dia dukung. Sementara 17,3 persen menjawab lebih mendukung calon walikota yang didukung oleh partai yang didukung. Sisanya, sebanyak 8,9 persen, tidak tahu atau tidak menjawab. 

Seperti diketahui, Muhamad-Saraswati didukung mayoritas partai politik. Yaitu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Berkarya. 

Sedangkan pasangan calon nomor urut dua, Siti Nur Azizah-Ruhamaben didukung Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pasangan calon nomor urut tiga, yaitu Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan didukung Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Parta Gelora dan Partai Bulan Bintang (PBB). 

Baca juga : Pasca Unjuk Rasa, Anies Tinjau Progres Pembersihan Fasum Di Bunderan HI Dan Simpang Lima Senen

Pertarungan ini diprediksi seru, karena ada tokoh besar di balik para jagoan. Yaitu, Rahayu Saraswati sebagai keponakan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Kemudian, Siti Nur Azizah adalah putri dari Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin. Terakhir, adalah Pilar Saga Ichsan anak dari Bupati Ratu Tatu Chasanah. Ratu Tatu, merupakan kakak dari Ratu Atut Chosiyah yang dikenal sebagai tokoh Banten. 

Burhanuddin menyebut, dibandingkan temuan sebelumnya, dukungan pada pasangan Muhamad dan Rahayu Saraswati menguat cukup signifikan, mengungguli paslon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan dan Siti Nur Azizah-Ruhamaben. “Meskipun elektabilitas Muhammad dan Rahayu Saraswati mulai unggul, tapi keunggulannya tidak signifikan secara statistik. Karena selisih dua paslon masih dalam kisaran margin of error survei,” katanya. 

Selain itu, Burhanuddin juga mengatakan, satu bulan ini menjadi penentu pemenang Pilkada Kota Tangsel. Baginya, ada dua faktor penentu kemenangan. Pertama, jumlah suara mengambang yang ditemui ada sekitar 11,8 persen. Kedua, suara pemilih berbasis parpol yang bisa berubah. “Muhammad jangan senang dulu kalau pendukungnya tidak datang ke tempat pemungutan suara (TPS) bagaimana. Ini kan survei surveyor-nya yang datang,” kelakarnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.