Dark/Light Mode

Bersih Korupsi, ASLI Siap Pimpin Purworejo

Selasa, 8 Desember 2020 16:50 WIB
Calon Bupati dan Wakil Bupati Purworejo, Agustinus Susanto – Rahmad Kabuli (ASLI) yang diusung PDIP dan Gerindra.
Calon Bupati dan Wakil Bupati Purworejo, Agustinus Susanto – Rahmad Kabuli (ASLI) yang diusung PDIP dan Gerindra.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang hari H pencoblosan, perolehan suara calon Bupati dan Wakil Bupati sudah tampak. Duet Agustinus Susanto – Rahmad Kabuli (ASLI) dengan nomor urut 1 memperoleh 39,5 persen.

Data itu terekam dari hasil survei, Suara Publik Indonesia (SPI). Lalu, Kuswanto-Kusnomo (Bung Tomo) nomor urut 2 yakni 34,3 persen. Sedangkan Agus Bastian-Yuli Hastuti (Bayu) nomor urut 24,2 persen. 

"Masih ada suara sekitar kurang lebih 2 persen masyarakat yang belum menentukan. Tapi, bisa saja pergerakan suara berubah dimenit terakhir jelang pencoblosan di TPS. Karena dalam lima menit bisa berubah ketika pencoblosan," tegas Peneliti Riset dan Data SPI, YN Rizal kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/12).  

Baca juga : Korupsi Seperti Corona

Berdasarkan data SPI menyebutkan ASLI yang diusung PDI Perjuangan, Gerindra dan PAN terdongkrak karena kekuatan mesin partai dan sosok Agustinus Susanto yang gemar blusukan dan bersih dari kasus korupsi. 

"Mesin partai dan sosok figur yang merakyat dan melayani sangat menentukan sikap pemilih," ungkap YN Rizal. 

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini menyatakan, survei ini digelar pada 5 - 15 November 2020 dengan menggunakan metode sampling multistage random. Dan sampling ini memakai responden 1.000, dengan cara wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Sementara untuk tingkat margin eror-nya sekitar 2,8 persen.

Baca juga : Ironi Korupsi Bansos

"Kandidat yang memiliki sosok jujur, ramah dan sopan serta bersih dari kasus korupsi dan tidak terlibat kasus hukum menjadi pertimbangan pemilih dengan persentase sekitar 96,4 persen. Data menunjukan sosok ASLI diminati karena bersih, jujur, sopan dan bersih dari kasus korupsi," ungkap YN Rizal.

YN Rizal yakin kalau pemilih atau rakyat Purworejo sudah cerdas dalam menentukan pilihan."Karena ini nasib lima tahun ke depan Purworejo, apakah ingin berubah atau tidak?," bebernya.

Dia melanjutkan, yang menarik adalah pemilih Jokowi dan Prabowo saat Pilpres 2019 ternyata solid mendukung pasangan ASLI. 

Baca juga : Piawai Eksekusi Program, Eri-Armuji Dijagokan Pimpin Surabaya

"Ternyata ada kesamaan persepsi pemilih yang saat Pilpres mencoblos Jokowi dan Prabowo. Jika dipersentasikan limpahan suara Jokowi dan Prabowo untuk ASLI sekitar 89 persen," tambahnya. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.