Dark/Light Mode

Menang Di Pilbup Bangka Selatan

Petahana Dipatil Corona

Sabtu, 2 Januari 2021 07:00 WIB
Calon Bupati (Cabup) Bangka Selatan Riza Herdavid dan Debby Vita Dewi, dinyatakan menang di Pilkada Serentak 2020. (Foto: Facebook)
Calon Bupati (Cabup) Bangka Selatan Riza Herdavid dan Debby Vita Dewi, dinyatakan menang di Pilkada Serentak 2020. (Foto: Facebook)

 Sebelumnya 
Diketahui, Pilkada Bangka Selatan diikuti empat pasangan calon (paslon). Yakni, paslon Riza Herdavid-Debby Vita Dewi diusung PDIP, PBB dan PPP. Kemudian, Kodi Midahri-Rusliadi, Aditya Rizki Pradana-Ahmad Damiri dan Rina Tarol-Doni Indra.

Berdasarkan hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan, Riza-Debby berhasil meraih suara terbanyak dengan 40.345 suara.

Mereka mengalahkan Kodi Midahri-Rusliadi (9.422 suara), Aditya Rizki Pradana-Ahmad Damiri (19.778 suara), dan Rina Tarol-Doni Indra (27.634 suara).

Baca juga : Nih, Pesan Latihan Gabungan Palestina di Gaza

Terpisah, Ketua KPU Bangka Selatan Amri menyatakan, usai rapat pleno rekapitulasi dan penghitungan suara, pihaknya tinggal menunggu Buku Register Perkara Konstitusi (BRKP) dari Mahkamah Konstitusi (MK). Yang menyatakan, Pilkada Bangka Selatan bersih dari gugatan.

Amri mengaku, jika BRKP sudah ada, KPU Bangka Selatan akan menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Bangka Selatan terpilih pada tahun ini.

Sebelumnya, calon Bupati Maros, Sulawesi Selatan, (Sulsel) Chaidir Syam juga terpapar Corona.

Baca juga : Menteri PUPR Minta Pembahasan Kebijakan Libatkan Asosiasi

Chaidir yang berpasangan dengan Suhartina Bohari ditetapkan KPU sebagai peraih suara terbanyak. Chaidir baru mengetahui terpapar Covid-19 pada 16 Desember, setelah badannya terasa lelah sehingga harus swab test PCR.

“Malamnya saya swab test dan hasilnya saya positif Covid-19. Sesuai dengan arahan dokter, saya menjalani isolasi dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan tim medis,” ujar Chaidir.

Meski tengah sakit, Chaidir berterima kasih kepada relawan dan pendukungnnya yang sudah mengawal Pilkada Maros 2020 hingga tahapan rekapitulasi.

Baca juga : Vasco Gerindra Bangga Idolakan Soeharto

Dia meminta masyarakat Maros mendoakan kesembuhannya. “Tetap jaga kesehatan dengan menerapkan prokes Covid-19,” tandasnya.

Diketahui, KPU Maros sudah mengumumkan hasil Pilkada 2020. Paslon Chaidir-Suhartina Bohari menang dengan meraih 82.770 suara.

Mereka unggul atas dua pasangan calon lain, Andi Harmil Mattotorang-Andi Ilham Nadjamuddin, yang meraih 64.512 suara serta Andi Tajerimin Nur-Havid Pasha dengan 48.308 suara. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.