Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pertarungan Pemilihan Gubernur Riau 2024

Banteng Ogah Dukung Calon Gubernur Lawas

Senin, 12 April 2021 06:10 WIB
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Provinsi Riau, Syafaruddin Poti. (Foto: Istimewa)
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Provinsi Riau, Syafaruddin Poti. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Riau tak tertarik mengusung calon Gubernur (Cagub) lawas di Pemlihan Gubernur (Pilgub) Riau 2024. Partai banteng ini lebih tertarik mengusung calon muda dan potensial.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Provinsi Riau, Syafaruddin Poti mengatakan, alasan PDIP tidak mengusung calon tua karena calon lawas itu tak pernah memberi progres signifikan bagi perkembangan Provinsi Riau, sehingga banyak dikeluhkan masyarakat.

“Masyarakat cenderung jenuh melihat politikus senior. Sekarang masyarakat Riau mulai melirik kader-kader muda potensial yang tentunya dapat berkontribusi nyata bagi masyarakat,” katanya, saat ditanya soal Pilgub Riau 2024, kemarin.

Baca juga : NasDem Bakal Dukung Calon Berkinerja Oke

Poti menyebut, Ketua DPD PDIP Riau Zukri Misran sebagai politikus muda sangat memiliki peluang besar sebagai tokoh alternatif untuk calon Gubernur 2024. “Asalkan kader muda bisa menunjukkan progresnya, memberi harapan bagi rakyat, meningkatkan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. Itulah tokoh yang diharapkan masyarakat,” ujarnya.

Poti menilai, Zukri bisa menjadi kekuatan baru asal bisa membangun Kabupaten Pelalawan dalam dua tahun jelang Pilgub Riau 2024. Diketahui, Zukri Misran yang berpasangan dengan Nassaruddin baru terpilih sebagai Bupati Pelalawan di Pilkada 2020. “Kita lihat bagaimana kinerjanya dua tahun ini di Pelalawan,” jelas Wakil Ketua DPRD Riau ini.

Sementara, Partai Golkar memberi sinyal akan mengusung kembali petahana Gubernur Riau Syamsuar di Pilgub Riau 2024. Ketua Fraksi Partai Golkar di DPRD Riau, Karmila Sari, mengungkapkan, jajaran pengurus Golkar pada level provinsi dan kabupaten secara lisan sepakat mengusung Syamsuar sebagai calon Gubernur Riau 2024.

Baca juga : Hari Pertama Layanan GeNose Di Bandara Juanda Lancar, 54 Calon Penumpang Positif

Dukungan lisan itu diutarakan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Partai Golkar Provinsi Riau yang digelar pada Maret lalu. Rakerda itu dihadiri Wakil Ketua Umum Kordinator Bidang Pemenangan Pemilu DPP Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

“Di Rakerda semua menyampaikan dukungan kepada Syamsuar untuk lanjut sebagai Gubernur Riau 2024,” tegasnya.

Sementara pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Muhammadiyah Riau, Aidil Haris meragukan, petahana Syamsuar bakal kembali diusung Golkar di Pilgub 2024. Menurutnya, keinginan itu lebih kepada taktik Golkar melihat respon publik, ketimbang suatu wacana mengikat terhadap sosok calon kepala daerah (cakada).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.