Dark/Light Mode

Bupati Lumajang Masuk Bursa Cagub Jatim 2024

Rabu, 14 April 2021 03:30 WIB
Bupati Lumajang Thoriqul Haq. (Ist)
Bupati Lumajang Thoriqul Haq. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Lumajang Thoriqul Haq, masuk dalam bursa calon Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2024. Ini diungkap hasil survei Surabaya Survei Center (SSC). Meski meraup persentase tak besar, kemunculan Thoriqul dinilai cukup mengejutkan dan jadi perhatian.

Padahal, ia akan berhadapan dengan nama-nama besar seperti Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Puti Guntur Soekarno, mantan Wagub dan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Baca juga : PPP Ogah Usik Gibran Maju Pilgub DKI 2024

“Munculnya nama Thoriqul Haq memang luar biasa dan merupakan kejutan,” kata pengamat politik asal Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam, kemarin.

Dia menyebutkan, dalam survei top of mind milenial untuk calon Wakil Gubernur Jatim, Thoriqul Haq meraih dua persen. “Meski Pilgub masih dua tahun lagi, tapi harus diwaspadai bagi mereka yang mengincar posisi ini. Kemunculan Thoriqul luar biasa,” ujarnya.

Baca juga : Siapa Kuasai Perang Digital, Dia Menang Di 2024

Sedangkan, rincian hasil survei elektabilitas, nama Wagub Emil Elestianto Dardak mendominasi dengan perolehan 18,4 persen. Disusul Puti Guntur Soekarno dengan 6,8 persen, dan mantan Wagub dan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dengan 4,2 persen.

“Nama-nama lain seperti eks Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Ketua DPRD Jatim Kusnadi, Bupati Thoriqul Haq, dan mantan Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana perolehannya tidak sampai 3 persen,” tuturnya.

Baca juga : Jokowi Ajak Masyarakat Bersatu Lawan Terorisme

Diketahui, penelitian SSC dilaksanakan 5 Maret 2021 hingga 25 Maret 2021 di 38 Kabupaten/ Kota di Jatim. Sebanyak 1.070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen, dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Penentuan responden dari kalangan milenial dalam setiap kepala keluarga dilakukan dengan bantuan kish grid. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.