Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KPU Tetapkan Paslon Di PSU Sabu Raijua

Orient Resmi Dicoret

Jumat, 7 Mei 2021 06:25 WIB
Orient Patriot Riwu Kore. (Foto: Istimewa)
Orient Patriot Riwu Kore. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah resmi mencoret Bupati-Wakil Bupati Terpilih, Orient Patriot Riwu Kore-Thobias Uly. KPU lalu mengesahkan 2 Pasangan Calon (Paslon) untuk berlaga di Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Sabu Raijua, Juli 2021.

Juru Bicara KPU Sabu Raijua, Daud Pau mengungkapkan, berdasarkan hasil rapat pleno penetapan paslon untuk PSU Pilkada Sabu Raijua, jumlah peserta di gelaran coblos ulang itu berjumlah dua paslon. Ini sesuai perintah Mahkamah Konstitusi (MK).

Kedua paslon peserta PSU itu adalah Paslon nomor urut 01, Nikodemus N Rihi Heke-Yohanis Uly Kale dan Paslon nomor urut 03, Takem Irianto Radja Pono-Herman Hegi Radja Haba. “Kami sudah gelar pleno penetapan Senin (3/5) lalu. Pleno memang dilakukan secara tertutup,” ujarnya, kemarin.

Baca juga : Orient Didiskualifikasi, KPU Siap Gelar PSU

Menurut Daud, penetapan paslon peserta PSU Pilkada Sabu Raijua itu tertuang dalam SK KPU Sabu Raijua Nomor: 39/HK.03.1-Kpt/5320/KPU-kab/V/2021.

Surat keputusan itu akan diserahkan kepada Bawaslu Sabu Raijua dan Paslon nomor urut 01 dan 03 dan stakeholder untuk menjadi pengetahuan bersama. Daud menyebut, tidak disertakannya Paslon Orient Patriot Riwu Kore-Thobias Uly adalah perintah MK.

Hakim MK memutuskan mendiskualifikasi Bupati-Wakil Bupati terpilih Orient-Thobias di Pilkada Sabu Raijua. Karena Orient terbukti masih berstatus Warga Negara Asing (WNA), Amerika Serikat, saat mendaftar sebagai calon Bupati Sabu Raijua.

Baca juga : Tips Kembangkan Bisnis Saat Pandemi Dari Jago Coffee

Keputusan MK itu, sebut Duad, dibacakan dalam sidang putusan perkara 135/PHP.BUP-XIX/2021 yang permohonannya diajukan Paslon nomor urut tiga Takem Irianto Radja Pono-Herman Hegi Radja Haba.

Terkait tanggal gelar PSU Pilkada Sabu Raijua, Daud menyebut, hari pencoblosan ulang akan digelar awal Juli tahun ini. Tepatnya, 7 Juli 2021. “Semoga PSU berjalan dengan baik,” kata Daud,mengutip pesan Ketua KPU Sabu Raijua Kirenius Padji.

Sementara Kepala Polda NTT, Irjen Lotharia Latif mengimbau seluruh paslon Bupati-Wakil Bupati Sabu Raijua untuk menjaga keamanan dan ketertiban jelang PSU.

Baca juga : Saksi: Orient Tak Jujur

“Polri, dalam hal ini Polda NTT, siap melaksanakan pengamanan untuk seluruh tahapan sebelum PSU di Sabu Raijua,” ujarnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.