Dark/Light Mode

Estimasi Sementara Dari KPU

Anggaran Pilgub Bali 2024 Bisa Tembus Rp 350 Miliar

Selasa, 25 Mei 2021 06:40 WIB
Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan. (Foto: Facebook @bali.kpu.go.id)
Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan. (Foto: Facebook @bali.kpu.go.id)

 Sebelumnya 
Saat ini, akunya, KPU Bali sudah melakukan tahapan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan untuk keperluan Pilgub, Pilpres dan Pileg. Ditargetkan, Juni 2021, proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini sudah tuntas.

Selain itu, lanjut Lidartawan, verifikasi parpol peserta Pemilu 2024 akan dimulai pada 2022. Karena itu, anggaran sudah ha­rus disiapkan lebih awal, seiring persiapan tahapan Pemilu 2024.

Baca juga : Bikin Tanah Lebih Subur, Kementan Dorong Penggunaan Pupuk Berimbang

Diakui, anggaran Pilgub Bali mengalami kenaikan. Pada perhelatan Pilgub Bali 2018, KPU Bali mengusulkan anggaran Rp 254 miliar. Tapi, anggaran yang disetujui Pemprov hanya setuju Rp 155 miliar.

Di Pilgub 2024, KPU mengusulkan anggaran Pilgub sebesar Rp 350 miliar. “Sekalipun ada kenaikan, tapi kenaikannya tidak terlalu besar,” jelasnya.

Baca juga : AHY Ngarep Demokrat Bisa Tembus Tiga Besar

Saat ini, KPU Bali menyiapkan estimasi biaya. “Estimasi anggaran kita hitung dengan cermat dari berbagai sudut, se­hingga ketemu angka yang tepat dan rasional. Nanti menunggu proses di DPRD Bali dan keputusan eksekutif,” tandasnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Bali I Nyoman Sugawa Korry membenarkan, KPU Bali diminta menyampaikan lebih awal rancangan Anggaran Biaya (RAB) Pilgub Bali 2024 kepada DPRD Bali. Sebab ini menyangkut anggaran sehingga harus disampaikan di awal.

Baca juga : Menpora Yakin Izin Liga 1 Dan Liga 2 Musim 2021 Bakal Keluar

“Pada awal Februari 2023 harus sudah masuk dan ditetapkan dalam APBD. Masalah anggaran ini sangat penting untuk dibahas lebih awal,” katanya.

DPRD Bali juga mendorong agar tahapan Pemilu 2024 bisa dilaksanakan secara efisien dan efektif, jika aturannya memungkinkan. “Sepanjang ketentuan, mekanisme dan peraturan memungkinkan diharapkan pelak­sanaan lebih efisien dan efektif, lebih disederhanakan sehingga pelaksanaan bisa lebih baik,” tandasnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.