Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Irjen Rikwanto: Semua TPS di PSU Pilgub Kalsel Dianggap Rawan

Minggu, 6 Juni 2021 21:52 WIB
Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto (Foto: Istimewa)
Kapolda Kalsel Irjen Rikwanto (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Rikwanto memerintahkan semua jajarannya siap siaga menjelang pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan (Pilgub Kalsel), 9 Juni 2021. Mantan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri ini mengatakan, semua tempat pemungutan suara (TPS) dianggap rawan saat PSU.

"Personel pengamanan tidak boleh lengah apalagi underestimate. Semua harus siap siaga untuk kemungkinan terburuk sekalipun," kata dia, di Banjarmasin, Minggu (6/6), seperti dikutip Antara.

Rikwanto menerangkan, setiap TPS bakal dijaga dua personel Polri dibantu TNI serta unsur Linmas. Hal ini dilakukan guna memberikan rasa aman bagi pihak penyelenggara dan juga masyarakat saat menyalurkan hak suaranya.

Tak hanya soal kerawanan terkait gangguan Kamtibmas, ancaman potensi penularan Covid-19 juga jadi perhatian Rikwanto. Untuk itu, dia mengingatkan disiplin penerapan protokol kesehatan menjadi harga mati agar PSU Pilgub tidak jadi ajang penularan Covid-19.

"Kalau terbukti terjadi pelanggaran prokes saat di TPS, maka aparat dapat bertindak tegas sesuai aturan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan dengan berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat," papar jenderal bintang dua itu.

Sebanyak 2.628 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan mengamankan PSU yang tergelar di 827 TPS yang tersebar di tujuh kecamatan pada satu kota dan dua kabupaten. Sebelum disebar ke wilayah yang melaksanakan PSU, Rikwanto bakal menggelar apel pergeseran pasukan pada Senin besok di Lapangan Polri Jalan Ahmad Yani Km 21 Kota Banjarbaru. Seluruh personel yang bertugas juga dipastikan bebas Covid-19 setelah melalui tes cepat antigen yang dilakukan Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polda Kalsel. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.