Dark/Light Mode

Yakin 100 Persen Ikut Pilkada Sulsel 2024

Gile, Mantan Napi Korupsi Siap Maju Di Pilgub Sulsel

Selasa, 7 September 2021 06:45 WIB
Ilham Arief Sirajuddin saat menggelar silaturahmi bersama ketua-ketua DPC Partai Demokrat di Swiss bellhotel Losari, Makassar, Kamis, (2/9/2021). (Foto: Istimewa)
Ilham Arief Sirajuddin saat menggelar silaturahmi bersama ketua-ketua DPC Partai Demokrat di Swiss bellhotel Losari, Makassar, Kamis, (2/9/2021). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan Wali Kota Makassar dua periode, Ilham Arief Sirajuddin merasa yakin bisa ikut perhelatan Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan (Pilgub Sulsel) Sulsel 2024. Meski dia baru dua tahun keluar dari penjara Sukamiskin Bandung karena terlibat korupsi di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar.

Ilham menjalani hukuman penjara selama 4 tahun. Awalnya, dia dipenjara di Lapas Sukamiskin, Bandung. Kemudian, pada 18 Februari 2019, dipindahkan ke Lapas Kelas 1 A Makassar. Sehingga akhirnya, pada 15 Juli 2019, mantan Wali Kota Makassar ini menghirup udara bebas. Dia divonis 4 tahun penjara karena terbukti korupsi PDAM Makassar.

Pasca keluar penjara, Ilham langsung tancap gas menata ulang karier politiknya. Terkhusus untuk kembali maju di Pilgub Sulsel 2024. Keinginannya maju lagi ini dilatari permintaan masyarakat yang pernah memilihnya saat berduel dengan Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Pilgub Sulsel 2013.

Baca juga : Golkar Dorong Wali Kota Parepare Nyalon Gubernur

Ilham pun tak menyembunyikan bahwa ia pernah berkasus dan dijebloskan ke penjara. Malah, pria yang akrab disapa IAS ini mengakui, itulah proses hidupnya. “Semua itu bukan jadi halangan untuk mengubah kekurangan,” katanya, kemarin.

Meski begitu, IAS tak memungkiri, langkahnya takkan sukses jika belum menggenggam kembali kursi kepemimpinan dalam tubuh DPD Partai Demokrat Sulsel.

Dia mengaku, beberapa tokoh masyarakat dan pendukungnya masih menginginkannya maju kembali di Pilgub Sulsel 2024, melawan tokoh-tokoh yang sudah lebih dulu muncul ke publik. “100 persen saya yakin bisa ikut Pilgub Sulsel nanti dan didukung orang-orang yang selama ini menunggu, kapan saya ikut Pilkada lagi,” tegas IAS.

Baca juga : Gerindra Siapkan Calon Hadapi Cagub Pertahana

Selain IAS, sudah muncul beberapa kandidat kuat yang disebut-sebut akan bersaing di Pilgub Sulsel 2024. Sebut saja Taufan Pawe (Wali Kota Parepare), Adnan Purichta (Bupati Gowa), Indah Putri Indriani (Bupati Lutra).

Tapi, IAS menilai, semakin banyak calon di Pilgub Sulsel 2024 tentu akan semakin menarik dan menjadi pertarungan seru dalam perebutan kursi Sulsel 1. “Ini demokratis. Calonnya tergolong pendatang baru. Sewaktu saya maju di Pilgub hanya tiga pasang. Itu nama-nama besar, seperti sahabat saya SYL dan Rudianto Asapa,” ungkap suami anggota DPR, Aliyah Mustika Ilham ini.

Saat ini, Ilham Arief Sirajuddin bakal mempersiapkan dirinya mengikuti Musda Partai Demokrat Sulsel yang jadwalnya masih belum ditentukan. Informasinya, 11 DPC di Kabupaten/Kota se-Sulsel bakal mendukungnya. Belakangan, sejumlah pimpinan Partai Demokrat juga turut mendukungnya maju.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.