Dark/Light Mode

Punya Posisi Strategis Memperjuangkan Aspirasi Daerah

Mahyudin: Kewenangan DPD Perlu Diperkuat

Kamis, 7 Oktober 2021 22:54 WIB
Wakil Ketua DPD Mahyudin menerima kunjungan dari Bupati Malinau Wempi W Mawa bersama jajarannya, di kantornya, Kamis (7/10).
Wakil Ketua DPD Mahyudin menerima kunjungan dari Bupati Malinau Wempi W Mawa bersama jajarannya, di kantornya, Kamis (7/10).

 Sebelumnya 
DPD memiliki berbagai kemitraan dan hubungan strategis dalam memperjuangkan aspirasi daerah di tataran nasional. Baik dengan kementerian, lembaga, ataupun presiden.

Apalagi, DPD merupakan wakil-wakil daerah yang benar-benar murni berasal dari daerah dan memang bertujuan untuk membangun daerah tanpa sekat-sekat kepentingan politis tertentu.

Baca juga : Jasindo Siapkan Asuransi Bagi Pekerja Migran Indonesia

"Tidak usah ragu meminta bantuan dari kami. Kami punya kemitraan yang kuat, termasuk kepada presiden. Secara berkala DPD sering bertemu dengan presiden untuk membahas hasil penyerapan aspirasi di berbagai daerah berupa rekomendasi DPD dengan presiden," jelasnya. 

Mahyudin pun mendorong adanya sinergi yang kuat antara DPD dengan Pemerintah Daerah (Pemda). Adanya sinergi tersebut memungkinkan adanya penyaluran dan perjuangan aspirasi dari daerah untuk diperjuangkan di tingkat pusat oleh DPD.

Baca juga : Mahfud: Nanti Diperlihatkan Buktinya

Sinergi tersebut mampu menjadi wadah komunikasi dan informasi terkait permasalahan dan kebutuhan di daerah, yang akan ditindaklanjuti DPD di tingkat pusat.

Dalam kesempatan tersebut, Mahyudin juga menyinggung penguatan kewenangan DPD. Ia menilai, jika ke depannya kewenangan DPD diperkuat, maka peran lembaga itu akan lebih optimal dalam memperjuangkan aspirasi daerah.

Baca juga : Wapres Tekankan Vaksinasi Kunci Keberhasilan Penanganan Pandemi Covid

Saat ini banyak daerah yang berharap besar kepada DPD dalam mewujudkan pemerataan pembangunan yang selama ini masih belum terealisasi secara optimal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.