Dewan Pers

Dark/Light Mode

Corona Masih Mengintai

Jubir Satgas Covid: Daerah Yang Turun Level, Tolong Jangan Berpuas Diri

Rabu, 11 Agustus 2021 08:20 WIB
Juru Bicara Satgas Covid, Prof. Wiku Adisasmito (Foto: Istimewa)
Juru Bicara Satgas Covid, Prof. Wiku Adisasmito (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perubahan level suatu kabupaten/kota dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 - 4 di berbagai daerah, mestinya dapat menjadi motivasi daerah dalam melakukan penanganan Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito berharap, daerah yang turun level tak lantas berpuas diri dan tidak lengah, karena penularan Corona masih terjadi.

Berita Terkait : Pinangki Masih Sakti

"Sedangkan bagi yang telah menunjukkan perkembangan yang baik, jangan cepat berpuas diri. Harus konsisten melakukan pengendalian yang baik," Wiku menjawab pertanyaan media dalam agenda Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Selasa (10/8), yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dari dinamika perubahan levelnya, total kabupaten/kota di wilayah Pulau Jawa - Bali yang berada di level 4, kini berjumlah 71 dari total 128. Sementara di wilayah non Jawa Bali, ada 45 kabupaten/kota dari total 386.

Berita Terkait : Di Malaysia, Meninggal Dunia Akibat Covid Dapat Santunan Rp 17 Juta

Khusus Jawa - Bali, dalam seminggu terakhir, terdapat 1 kabupaten/kota yang turun dari level 3 ke 2, dan 26 kabupaten/kota yang turun dari level 4 ke 3.

Sedangkan untuk wilayah non Jawa - Bali, dalam seminggu terakhir, terdapat 6 kabupaten/kota yang turun dari level 3 ke 2 dan 28 kabupaten/kota yang turun dari level 4 ke 3.

Berita Terkait : Jubir Satgas Covid: Ini Tak Bisa Ditoleransi Lagi, Kematian Bukan Sekadar Angka

"Pemerintah berharap, hasil evaluasi mingguan ini dapat meningkatkan motivasi di setiap daerah. Untuk terus meningkatkan kualitas pengendalian Covid-19," pungkas Wiku. [HES]