Dark/Light Mode

Jangan Sepelekan

Pendidikan Jadi Fundamen Pembangunan Daerah

Rabu, 13 Oktober 2021 20:07 WIB
Ketua Komite I DPD Abraham Liyanto. (Foto: Ist)
Ketua Komite I DPD Abraham Liyanto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komite I DPD Abraham Liyanto mengemukakan pendidikan adalah fundamen dalam pembangunan daerah.

Jika sektor pendidikan tidak diperhatikan secara serius, dapat dipastikan kemajuan daerah tersebut akan lambat. "Pendidikan berperan penting dalam kemajuan suatu daerah," ujar Abraham di Jakarta, Rabu (13/10).

Dia menjelaskan pentingnya pendidikan karena berperan dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga : Andika Sulaeman Persembahkan Emas Gulat Pertama untuk DKI

Semakin bagus kualitas SDM suatu daerah, pembangunan akan berjalan cepat. Sebaliknya, jika kualitas SDM rendah, akan menghambat pembangunan.

Senator tiga periode ini memberi contoh pada era digitalisasi seperti sekarang. Menurutnya, SDM yang dibutuhkan pada era sekarang adalah yang melek teknologi dan digitalisasi.

"Jika penduduknya masih gagap terhadap teknologi, bagaimana mau mengimbangi tuntutan pembangunan. Apalagi jika mayoritas pendidikannya masih pada tingkat SD dan SMP, pasti sangat menyulitkan," tegasnya.

Baca juga : Stafsus BPIP: Pendidikan Pancasila Bisa Persempit Ruang Gerak Terorisme

Masalah kualitas pendidikan inilah yang mendorong Anggota DPD dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini untuk mendirikan lembaga pendidikan Citra Bangsa di NTT.

Lembaga yang berada dibawah Yayasan Citra Bina Insan Mandiri ini bergerak mulai pendidikan Paud hingga Perguruan Tinggi.

"Lembaga Citra Bangsa hadir memberikan kontribusi pembangunan rill bagi peningkatan kualitas masyarakat NTT," beber Abraham.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.