Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

5 Cara Lunasi Utang Dengan Cepat dan Mudah

Senin, 19 Desember 2022 23:42 WIB
Melunasi utang/Ilustrasi. (Foto: Istimewa)
Melunasi utang/Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagian dari kita mungkin ada yang sedang terlilit utang, dan ingin segera melunasinya. Artikel ini akan memberi solusi cara melunasi utang dengan cepat. Bukan dengan teori-teori yang bikin pusing. Tips berikut ini lebih kreatif dan memberi jalan keluar yang nyata.

Utang yang menumpuk dan semakin melilit terasa sangat mengganggu dan memusingkan. Butuh cara cepat untuk melunasi utang agar segera terbebas dan tidak lagi membebani.

Beberapa tips ini mungkin tidak semua cocok dilakukan. Namun, orang-orang yang melakukannya bisa melunasi utang dengan cepat, loh. Berikut ini ulasan melunasi utang dengan cepat.

Berhemat

Cara melunasi utang dengan cepat yang pertama adalah dengan berhemat. Berhematlah dalam semua sisi kehidupan. Misalnya, sebelumnya menggunakan gaji untuk kehidupan sehari-hari sebnyak 60 persen ke atas. Tukarlah posisinya.

Gunakan 60 persen gaji untuk membayar utang, dan sisanya untuk kebutuhan sehari-hari. Awalnya mungkin akan terasa berat dan menyulitkan. Namun, jika dilakukan dengan disiplin, pasti terbiasa.

Mulailah untuk mengubah gaya hidup dari yang paling sederhana. Seperti berhenti membeli tisu dan beralih ke kain lap. Berhenti membeli makanan di luar dan masak makanan sendiri.

Baca juga : Wujud Toleransi, DKM Ash Shomad Bersihkan Tempat Ibadah dan Sekolah

Kurangi berkendara pribadi dan ganti dengan jalan kaki, bersepeda, atau gunakan transportasi umum.

Lihat kembali belanjaan bulan lalu dan stop membeli banyak barang tidak yang tidak benar-benar dibutuhkan. Dengan begitu, sebagian besar pendapatan bisa dialihkan untuk membayar utang agar cepat lunas dan terbebas dari lilitan hutang.

Jual Barang Tidak Perlu

Cara ini terdengar sangat disayangkan. Namun, jika utang sudah dilunasi, Anda bebas membeli apa saja sesukanya. Karena tidak lagi punya beban yang banyak.

Kali ini, biarkan barang-barang kesayang menolong hidup dan menyelamatkan Anda dari lilitan hutang. Misalnya, Anda punya buku-buku menarik yang sudah tidak dibaca. Jual buku tersebut agar pemasukan untuk membayar utang semakin bertambah.

Sepatu-sepatu mahal yang pernah dibeli juga bisa dijual sebagai pre loved. Tas yang jarang dipakai juga bisa dijadikan uang kaget dengan menjualnya kepada orang yang menginginkannya.

Jika punya tiket liburan, jual dan dapatkan uang kamu kembali. Cari hiburan lain yang lebih terjangkau.

Baca juga : Enrique Ingin Coret 1 Pemain Matador

Jika kamu ruang kosong tidak terpakai, kamu bisa gunakan tempat tersebut untuk disewakan. Anda pun akan mendapat uang tambahan dari uang sewa.

Pindah Tempat Tinggal

Jika saat sedang tinggal di tempat yang cukup mahal, segera pindah ke tempat yang lebih mudah. Misalnya, jika berada di apartemen yang nyaman, segeralah cari kamar kost atau pindah ke rumah orang tua untuk sementara. Memilih tempat tinggal yang hemat menjadi cara melunasi uutang dengan cepat yang cukup efektif.

Tempat tinggal haruslah menjadi tempat ternyaman untuk pulang. Namun tempat ternyaman tidak harus mewah. Temukan tempat tinggal murah dan nyaman walaupun sederhana. Dengan begitu, Anda bisa memangkas pengeluaran dan bisa mengalihkan uang untuk membayar hutang.

Kerja Sampingan

Jika sebelumnya, hari-hari Anda sudah dipenuhi dengan pekerjaan rutin, maka sekarang waktunya untuk mencari kerja sampingan Sabtu Minggu. Kerja menjadi cara melunasi utang dengan cepat yang menyenangkan.

Pikirkan jika Anda akan bertemu dengan orang baru dan memulai hari-hari baru diluar rutinitas yang monoton. Pasti menyenangkan, ya. Pekerjaan sampingan yang paling mudah ditemui seperti daftar taksi online atau ojek online, mengajar les privat, Jadi reseller online, jadi fotografer, translator dan banyak lainnya. Anda bisa sesuaikan dengan kemampuan dan minat.

Baca juga : PSPP UMJ : Potensi Lokal Dorong Desa Perbatasan Mampu Berdikari

Anda juga bisa mengembangkan kemampuan dan hobi. Misalnya, untuk yang gemar memasak, bisa berjualan makanan kesukaan. Atau gemar menggambar, bisa jadi kreator. Masih banyak hobi yang bisa dijadikan lahan mendapat uang tambahan. Terlebih saat ini pekerjaan online sangat banyak dan bisa dilakukan siapa saja yang mau mencoba.

Gunakan Kendaraan Agar Hasilkan Uang

Jika punya kendaraan pribadi, lekas gunakan kendaraan kamu agar mendapatkan uang tambahan. Caranya, bisa dengan join jadi driver Grab.

Mendaftar taksi online atau ojek online bisa jadi cara melunasi utang dengan cepat yang menjanjikan. Jika kendaraan pribadi berupa sepeda motor, bisa segera daftar sebagai mitra grab bike. Jika kendaraan adalah mobil, segera daftar taksi online.

Namun, jika tidak punya kendaraan pribadi dan punya kemampuan menyetir, Anda bisa rental mobil milik grab untuk dijadikan lahan basah. Cukup daftarkan diri dan pilih grab rental car saat mengisi form pendaftaran. Anda akan resmi jadi driver tanpa punya kendaraan pribadi.

Anda bisa memanfaatkan grab Electric untuk rental motor listrik. Buat yang tidak punya kendaraan dan menyetir mobil pun masih ada jalan keluar untuk menambah penghasilan dari join driver grab.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.