Dark/Light Mode

Jaga Performa Mesin Dengan Tune Up Mandiri

Selasa, 20 Desember 2022 17:32 WIB
Promo tune up dan service mobil di Otoklix. (Foto: Otoklix)
Promo tune up dan service mobil di Otoklix. (Foto: Otoklix)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tune up merupakan salah satu cara untuk menjaga performa mesin mobil. Tune up bisa dilakukan di bengkel terdekat dan terpercaya. Namun, bila waktu dan biaya sedang ketat, tune up bisa dilakukan secara mandiri. Biayanya tentu jauh lebih ringan dibanding di bengkel.

Kegiatan pengaturan ulang semua komponen dan sistem mobil bisa dilakukan saat kendaraan sudah menunjukkan gejala seperti kemunculan suara kasar dan berisik dari mesin, tarikan gas tidak maksimal saat mobil dipacu pada kecepatan tinggi. Selain itu, kilometer mobil juga bisa menjadi salah satu indikator mobil harus mendapatkan tune up, yakni ketika sudah mencapai jarak 5.000 dari tune up sebelumnya. Kemudian, bisa pula melakukan tune up dengan patokan 3 bulan sekali.

Alat-alat

Untuk melakukan tune up mandiri di rumah, siapkan alat-alat seperti kunci ring, kunci pas, obeng plus dan minus, amplas, tes kompresi, pengukur celah, timing light, dan kain lap.

Cara Tune Up

Setelah alat siap, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Baca juga : 5 Cara Lunasi Utang Dengan Cepat dan Mudah

1. Bersihkan Filter Udara

Filter udara adalah komponen yang paling mudah dibersihkan sehingga dalam pengerjaannya bisa didahulukan. Cukup bersihkan filter udara dengan air sabun. Kemudian, lap hingga kering dan tidak ada lagi air menetes. Jika sudah kering dan bersih, pasang kembali.

2. Cek Busi

Langkah selanjutnya, cek kondisi busi dan kabelnya. Bersihkan busi mobil dan cek apakah kondisinya masih bagus. Jika perlu penggantian, maka ganti busi dengan yang baru. Selain itu, penting untuk mengecek kabel busi dan memastikan bahwa kabel masih bagus. Sebab, komponen tersebut memiliki peranan penting dalam nyala api busi.

3. Ganti Oli Mesin

Ganti oli mesin secara rutin. Kegiatan ini cukup mudah, yaitu dengan membuka tutup oli mesin, kemudian baut penutup di oil tank dan biarkan oli di mesin keluar secara keseluruhan. Kemudian, masukkan oli baru, dan jangan lupa ganti filter olinya.

Baca juga : Jawa, Battle Ground Menangkan Pilpres

4. Cek Kondisi Aki

Cek kondisi aki untuk memastikan sistem kelistrikan dan mesin mobil berfungsi baik. Caranya, perlu mengetahui kondisi aki yang baik berdasarkan jenisnya. Pada aki basah, air aki yang berada di bawah standar akan membuat reaksi pada aki tidak maksimal.

Sementara pada aki kering, cek kondisi aki dengan memeriksa indikator aki. Jika indikator menunjukkan aki buruk, maka perlu diganti.

5. Cek Kondisi Radiator

Pastikan bahwa kondisi air pada radiator tidak berkurang. Jangan lupa untuk mengecek tabung reservoir dan pastikan tabung terisi dengan air radiator. Pastikan pula bahwa kipas radiator berfungsi normal dan tidak ada kebocoran.

6. Setelan Idle dan Pengapian

Baca juga : Jangan Takut Speak Up, Ayo Laporkan Ke Polisi!

Terakhir, setel idle. Hal ini berfungsi untuk menyetel campuran bensin dan udara pada kondisi stasioner. Setel dengan cara memutar bagian distributor ketika mesin kendaraan masih menyala hingga terdengar deru mesin yang lebih halus dengan tenaga maksimal.

Bila selama tune up mandiri diketahui ada kerusakan yang cukup parah pada komponen mobil, bawalah mobil ke bengkel tune up mobil terdekat untuk dilakukan perbaikan.

Promo Irit Otoklix Flagship!

Saat ini, Otoklix tengah mengadakan promo PROMOIRIT. Kalau mau melakukan tune up maupun servis mobil, bisa manfaatkan Promo Irit dari Otoklix. Promo ini berlaku hingga akhir Desember 2022, dan meliputi ganti oli, tune up, servis rem atau servis rem + brake fluid + brake cleaner dan gratis filter oli dan jasa servis.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.