Dark/Light Mode

WhatsApp Aero, Fitur Menggiurkan Namun Berisiko

Kamis, 8 Desember 2022 11:30 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Sudah bukan hal asing jika WhatsApp Aero merupakan WA Modifikasi dengan berbagai fitur tambahan yang menarik. Namun, jenis WhatsApp ini ternyata dibayangi resiko menakutkan. Kami akan membahas secara mendalam.

Mengapa WhatsApp Aero Menarik?

WA Mod ini menyuguhkan beberapa fitur yang tidak akan anda temukan di WA Resmi. Salah satunya adalah fitur yang membuat pengguna tetap bisa membaca pesan yang sudah dihapus oleh pengirimnya.

Aplikasi ini dinilai cukup aman, karena developer memberikan jaminan enkripsi chat pada setiap akun pengguna. Tapi apa aplikasi ini benar-benar aman untuk digunakan? Simak pembahasan sentravaksincimahi.id berikut ini.

Bahaya yang Mengintai Para Pengguna

Meski pihak developer memberikan jaminan keamanan pada pesan yang dikirimkan pengguna dalam aplikasi ini, namun tetap tidak ada jaminan bahwa aplikasi modifikasi ini benar-benar aman.

Baca juga : Apa yang Membuat WhatsApp Aero Lebih Menarik Dari WA Resmi?

Di bawah ini adalah beberapa resiko yang bisa saja diterima oleh para pengguna aplikasi WA Mod, diantaranya:

• Setiap pengguna yang akan menginstal aplikasi ini, harus melalui proses Rooting atau pengambilalihan komando dalam perizinan perangkat lunak. Jika terjadi kesalahan, data handphone anda terancam hilang.

• Dengan adanya proses Rooting, maka aplikasi ini bisa diindikasikan sebagai aplikasi yang tidak resmi. Dari ketidakresmian ini, potensi pemblokiran dari pihak WhatsApp resmi semakin besar.

• Meski WhatsApp Aero memberikan jaminan enkripsi, tapi tetap tidak bisa menghilangkan resiko pencurian data karena aplikasi ini muncul dari pihak ketiga.

• Risiko penyadapan dan penyebaran malware bisa saja terjadi karena aplikasi yang tidak datang dari pihak resmi biasanya ketahanannya sangat rentan.

Sebagai pengguna yang cerdas, ada baiknya mempertimbangkan segala aspek sebelum mengunduh maupun menginstal aplikasi. Ini karena ada banyak data pribadi yang harus anda lindungi dalam handphone.

Baca juga : Charlize Theron, Bikin Murka Rakyat Kampung Halaman

Cara Bijak Menggunakan WA Mod

Memiliki beberapa bahaya yang mengintai bukan berarti tidak bisa diantisipasi. Hal yang paling harus dihindari pengguna adalah pemblokiran yang dilakukan pihak WA resmi melalui pemantauan akun google.

Di bawah ini adalah cara-cara yang bisa anda lakukan agar lebih bijak dan aman dalam menggunakan WA Mod.

• Untuk menghindari banned yang bisa kapan saja dilakukan oleh pihak WA Resmi, lakukan pembersihan cache secara rutin. Hak ini bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa aktifitas WA Mod anda.

• Update Selalu Versi WA Mod untuk bisa terlepas dari pengawasan sistem keamanan google. Lakukan update sesegera mungkin ketika anda mendapat informasi seputar file update.

• Dalam upaya menghindarkan diri dari deteksi sistem keamanan google, jangan terlalu sering menggunakan fitur tambahan yang disediakan WA Mod.

Baca juga : Warga Singapura Antar Makanan Ke Antartika

• Hindari penggunaan nomor utama yang berisi banyak data untuk melakukan pemasangan WA Mod. Fungsinya agar nomor dan segala informasi pribadi anda tetap aman ketika terjadi masalah.

Penutup .

WhatsApp Aero memuat banyak fitur menarik yang bisa membantu dan memenuhi kebutuhan konsumen. Namun jangan lengah, dibalik segala kemudahan yang disuguhkan, ternyata WA Mod memiliki banyak resiko yang mengintai penggunanya dan bisa sangat merugikan jika pengguna tidak bijak dan hati-hati dalam menggunakannya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.