Dewan Pers

Dark/Light Mode

Evaluasi 2021 Dan Refleksi 2022

Jumat, 31 Desember 2021 06:37 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk para pemangku kekuasaan, ingat sekarang sudah memasuki penghujung tahun 2021. Jabatan itu titipan. Amanah. Juga, priviledge. Titipan Yang di Atas. Amanat dari rakyat. Priviledge yang mesti digunakan dengan baik karena acapkali tidak datang dua kali.

Kalau semua pejabat tinggi kita menyadari sepenuhnya terhadap semua hal di atas, maka sejatinya mereka memiliki sikap jiwa yang baik. Mereka akan lebih arif bijaksana dalam menghabiskan masa jabatannya. Tidak akan menyia-nyiakan

Berita Terkait : Mempertahankan Prestasi KPK

Ketika pencapaian kabinet diumumkan di ujung tahun, optimisme membuncah. Meski masih dalam bayang-bayang pandemi, kerja mesti jalan terus. Ini sekaligus menguji daya tahan, daya imaji, dan daya pikir out the box. Karena cara mengurus masing-masing sektor, mesti di luar kenormalan

Ujian pandemi akan selalu menjadi medium seleksi yang baik. Kini, semua terlihat, mana yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata mana yang performanya jauh di atas rata-rata. Oleh karenanya, wajib segera bagi Presiden untuk mengambil keputusan mana yang sekiranya bisa dipertahankan dan mana yang sudah harus diselesaikan.

Berita Terkait : Optimisme Di 2022

Punya integritas saja tidak cukup di era adaptasi kehidupan baru ini. Tapi, wajib punya kreativitas yang tanpa batas. Fleksibilitas dalam pergaulan kerja juga amat penting di era disrupsi ini. Punya kecepatan beradaptasi di era digital technology.

Sekarang, semua tinggal memantau  khususnya bagi yang sedang mengemban jabatan. Waktu kita tidak banyak, mesti gerak cepat. Gesit. Ini penting agar tak banyak yang jatuh jadi korban, baik korban pandemi maupun korban krisis ekonomi akibat pandemi.

Berita Terkait : Evaluasi Diri Di Akhir Tahun

Nama-nama yang masih bertahan di jajaran kabinet sudah harus mulai mengikhlaskan hati bekerja di atas rata-rata. Bagi nama-nama anak bangsa yang sudah merasa mendapat tanda-tanda akan terus mendapat titipan, amanah dan priviledge ini, segera siapkan semuanya segalanya. Bukan hanya kompetensi diri tapi juga integritas dan visi jauh ke depan. Indonesia hebat perlu orang-orang hebat. (*)