Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Evaluasi Diri Di Akhir Tahun

Jumat, 17 Desember 2021 06:53 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk para pemangku kekuasaan, ini sudah memasuki penghujung tahun. Jabatan itu titipan. Amanah. Juga, priviledge. Titipan Yang di Atas. Amanat dari rakyat. Priviledge yang mesti digunakan dengan baik karena acapkali tidak datang dua kali.

Kalau semua pejabat tinggi kita menyadari sepenuhnya terhadap semua hal di atas, maka sejatinya mereka memiliki sikap jiwa yang baik. Mereka akan lebih arif bijaksana dalam menghabiskan masa jabatannya. Tidak akan menyia-nyiakan.

Baca juga : Negeri Siaga Satu Bencana

Ketika dibacakan pencapaian kabinet diumumkan di ujung tahun, optimisme membuncah. Meski masih dalam bayang-bayang p(l)andemi, kerja mesti jalan terus. Ini sekaligus menguji daya tahan, daya imaji, dan daya pikir out the box. Karena cara mengurus masing-masing sektor mesti di luar kenormalan.

Ujian p(l)andemi akan selalu menjadi medium seleksi yang baik. Kini, semua terlihat, mana yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata, mana yang performanya jauh di bawah rata-rata. Oleh karenanya, wajib segera bagi Presiden untuk mengambil keputusan mana yang sekiranya bisa dipertahankan dan mana yang sudah harus diselesaikan.

Baca juga : Anti Klimaks P(l)andemi Corona

Punya integritas saja tidak cukup di era adaptasi kehidupan baru ini. Tapi wajib punya kreativitas yang tanpa batas. Fleksibilitas dalam pergaulan kerja juga amat penting di era disrupsi ini. Punya kecepatan beradaptasi di era digital teknologi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.