Dark/Light Mode

Tebar Bukti, Janji & Duit

Senin, 17 Desember 2018 10:28 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak cara yang bisa dilakukan kontestan politik untuk meraih simpati, memenangkan hati pemilih. Sepanjang tidak melanggar aturan dan norma politik, apapun bisa dilakukan. Semua dalam koridor kompetisi yang sehat dan mencerdaskan.

Pilpres 2019 harus menjadi benchmark Pilpres terbaik yang pernah diselenggaran bangsa ini. Terbaik dari segala aspeknya. Jujur dan adilnya, bebas dan rahasianya. Para kontestannya juga menginspirasi, memotivasi dan mencerdaskan pemilih sekaligus menjaga moralnya.

Baca juga : Penyawer dan Pembelot

Bagi Petahana, silakan lakukan aksi tebar bukti dengan cara yang positif dan mendidik. Jangan ada manipulasi indeks statistik keberhasilan suatu program. Jangan ada engineering capaian yang sesungguhnya menyimpan bom waktu.

Bukti jujur, kelemahan dan kekurangan didedah sama proporsional dengan kekuatan dan kelebihan. Jangan dibuat terlalu sempurna. Sempurnakanlah dengan janji akan membenahi, meningkatkan kelemahan-kelemahan kebijakan dan program di periode kedua kekuasasan.

Baca juga : Imam Shalat, Imam Negara

Bagi kontender, lakukan koreksi dan kritik Petahana berbasis data yang kuat. Jangan terdengar seperti retorika, cuma beropini namun baseless. Jangan cuma mengejar sensasi dengan melontarkan gagasan seksi namun bisa dengan mudah dipatahkan Petahana. Sehingga tampak jadi sebuah lelucon.

Kalau mau mengkritisis, dasarkan semua pada data akurat, survey opini publik yang kredibel, atau hard-evident di lapangan. Dengan demikian tertutup ruang untuk dipatakan apalagi ditertawakan. Dikemas dan dideliver secara intelektual dan elegan. Sebab dengan cara berbeda inilah yang akan membuat segalanya berbeda.

Baca juga : Media Darling

Terakhir, kita sangat tidak berharap para kontestan tidak merusak kegiatan demokrasi dengan aksi tebar duit. Sungguh kegiatan money politic bisa merusak sendi-sendi demokrasi yang sudah dibangun sejak 1998. Mari berkompetisi secara sehat dengan komitmen bersama untuk membebaskan Pilpres 2019 dari syetan yang menyerang di waktu fajar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.