Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tahun Baru, Harga Baru

Rabu, 14 Desember 2022 06:40 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang Tahun Baru 2023, harga barang-barang kebutuhan pokok melonjak naik. Hampir semua jenis barang mengalami kenaikan. Beras, telur, gula, daging, bahkan tempe juga naik. Ironis jika hal ini sering dianggap oleh para penyelenggara negara sebagai suatu kenormalan menyongsong pergantian tahun. Ini pasti ada yang salah.

Akal sehat sesungguhnya mengatakan, kenaikan gila-gilaan sembako sebagai sebuah abnormalitas. Kalau harga diserahkan dengan sifat alami pasar, maka boleh saja kenaikan tersebut dianggap sebagai kewajaran. Namun, kalau semata didasarkan kepada hukum ekonomi semata, pertanyaanya, lalu apa fungsi negara, dan apa fungsi para penyelenggara negara.

Baca juga : Adu Citra Lewat Survei Elektabilitas

Kenaikan harga sembako sejatinya bisa dikendalikan dengan sejumlah persiapan yang matang. Dengan kemampuan keuangan dan manajemen yang baik, pemerintah bisa membuat cadangan sembako yang dipersiapkan khusus menghadapi momentum tahunan ini. Pemerintah dengan tim khususnya melakukan intervensi melalui operasi pasar ketika harga-harga sudah mulai liar.

Liarnya harga sembako disebabkan oleh pergerakan liar para mafia di bidang sembako. Mereka ingin meraup untung sebesar-besarnya dengan memanfaatkan tingginya demand (permintaan) terhadap sembako dengan cara mengelola supply melalui cara-cara yang menghalalkan segala cara.

Baca juga : Rupiah Jangan Terus-terusan Payah

Mereka membuat citra seolah supply rendah dengan menciptakan kondisi shortage atau kelangkaan sembako. Pada kenyataanya, mereka menjalankan praktik penimbunan lalu mereka keluarkan barang hanya pada saat harga sudah melambung tinggi.

Ketika permainan politik dagang yang kotor ini sudah berjalan, Pemerintah harus melangkah dengan super cepat melalui langkah-langkah lebih depan dari para mafia ini. Ada dua hal yang bisa dilakukan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.