Dark/Light Mode

Guru Wajar Jika Cemburu

Senin, 28 November 2022 06:39 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Nasib sebagian guru di negeri Indonesia masih belum menentu. Terutama untuk para guru honorer yang ada di daerah-daerah. Nasib mereka jauh dari sejahtera. Gaji mereka sangat minim. Banyak guru yang cuma mendapatkan gaji Rp 300 ribu, atau bahkan ada yang di bawah itu. Padahal, pekerjaan yang mereka melakukan sangat mulia, mencerdaskan anak bangsa.

Baca juga : Siap Siaga Hadapi Ancaman Bencana

Nasib guru swasta juga tidak jauh berbeda. Untuk sekolah atau yayasan kecil, penghasilan mereka sama seperti guru honorer. Untuk sekolah atau yayasan besar, yang uang SPP-nya para pelajarnya mencapai jutaan rupiah, tetap masih ada sebagian dari mereka yang mendapatkan gaji di bawah UMR.

Baca juga : Bergandengan Tangan Untuk Cianjur

Bagaimana dengan guru ASN? Untuk yang di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, kesejahteraan mereka relatif terjamin. Fasilitas yang mereka dapat lumayan banyak, tunjangan juga memadai. Tapi, guru-guru ASN untuk di daerah dengan APBD kecil, nasib mereka tetap tidak istimewa. Kelebihannya, nasih mereka tak semerana para guru honorer atau guru swasta di sekolah/yayasan kecil.

Baca juga : Kenapa Tak Pernah Ambil Pelajaran?

Akibat hal ini, banyak guru yang terjerat pinjaman online (pinjol) dan bank keliling. Sebenarnya, sebagian besar dari mereka juga tidak mau meminjam uang ke pinjol atau bank keliling. Tapi, keadaan memaksa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.