Dark/Light Mode

Sembako Murah Jangan Sebentar

Rabu, 12 April 2023 04:58 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada kabar baik datang menjelang Lebaran. Beberapa harga sembako di pasar turun menjelang Idul Fitri. Padahal, biasanya, saat mendekati Idul Fitri, mayoritas harga sembako melambung tinggi dan pasokannya tersendat.

Beberapa jenis sembako yang turun tersebut adalah cabe, bawang, telur, beras, dan daging. Penurunan terjadi hampir merata di semua daerah. Penurunan ini juga diakui kalangan ekonom dan praktisi.

Baca juga : Harga Sembako Turun Jelang Lebaran, Presiden Happy, Rakyat Happy

Presiden Jokowi terlihat happy dengan penurunan ini. Dalam tiga hari terakhir, Jokowi keliling pasar-pasar tradisional di sejumlah daerah dengan wajah yang semringan melihat adanya penurunan ini. Sebab, penurunan ini merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat, terutama emak-emak.

Publik juga tentu senang dengan adanya penurunan harga sembako ini. Turunnya harga sembako sangat membantu meringankan beban masyarakat, terutama kalangan wong cilik, dalam pemenuhan kebutuhan mereka di Hari Raya nanti.

Baca juga : Pendekatan Hermeneutika (2)

Kita berharap, penurunan harga sembako ini tidak hanya terjadi sesaat. Apalagi cuma waktu Presiden melakukan blusukan ke pasar-pasar. Penurunan ini harus berlangsung panjang. Pemerintah harus bisa menjamin harga sembako tetap stabil dan murah saat Idul Fitri nanti dan setelahnya.

Untuk itu, manajemen pasokan dan distribusi harus berjalan baik. Pastikan pasokan sembako yang berasal dari para petani, peternak, dan pabrik-pabrik mencukupi. Lalu, pastikan juga sembako-sembako itu terdistribusi dengan baik. Jangan ada ketersendatan dan keterlambatan, karena hal itu bisa membuat harga kembali naik.

Baca juga : Gempa M5,3 Guncang Tojouna-una Sulawesi Tengah

Dalam melakukan ini, semua pemangku kebijakan harus kompak. Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perhubungan, Badan Pangan Nasional, Bulog, harus berjalan beriringan. Tidak boleh ada ego-egoan. Dengan kekompakan ini, stabilitas harga sembako diharapkan bisa tercapai dengan baik.

Publik pun tertentu senang dan akan berterima kasih atas hal itu. Dan yang lebih penting dari itu, ekonomi akan lebih menggeliat. Sebab, daya beli masyarakat akan meningkat dan inflasi lebih terjaga.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.