Dark/Light Mode

Jangan Rusak Ekonomi Rakyat

Sabtu, 6 Mei 2023 06:15 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Tahun ini dan tahun 2024 adalah tahun politik. Sebagian besar orang penting di negeri ini akan fokus pada urusan politik. Ada yang sibuk mau jadi anggota legislatif, ada yang mau jadi capres atau cawapres dan tidak sedikit pula yang mau jadi gubernur, bupati atau walikota.

Walaupun sudah banyak yang ter­libat dalam hiruk pikuk politik, kita berharap para politisi, baik yang jadi anggota DPR maupun anggota kabinet tak boleh melupakan tugas utamanya, yaitu meningkatkan harkat dan marta­bat rakyat kecil.

Apapun posisinya, para politisi yang telah menjadi pejabat publik wajib bekerja untuk rakyat. Wajib menyelamatkan rakyat miskin yang tak mampu membeli beras dan wa­jib membantu rakyat kecil yang tak mampu membiayai sekolah anaknya.

Baca juga : Ekonomi Global Bisa Babak Belur

Para menteri dari parpol yang mulai sibuk dengan urusan pemilu dan pilpres, harus bisa membagi waktu. Artinya, pada hari kerja mesti fokus bekerja untuk rakyat dan baru pada hari libur boleh bekerja untuk parpolnya.

Kita berharap para pejabat publik, terus menjaga kelancaran pasokan bahan pangan ke pasar rakyat dan pasar tradisional. Sebab, lancarnya pasokan, mampu menjaga harga bahan pangan dari awal puasa hingga sekarang ini, stabil murah.­

Supaya harga bahan pangan, teru­tama beras, minyak goreng, gula pasir dan telur ayam tetap stabil mu­rah pada bulan-bulan mendatang ini, segera banjiri lagi pasar tradisional dengan komoditi pangan utama.

Baca juga : Ayo Banjiri Lagi Pasar Sembako

Kita juga berharap, para gubernur, bupati dan walikota setiap hari memoni­tor perkembangan harga bahan pangan utama di daerahnya masing-masing. Begitu ada tanda-tanda harga bahan pangan bakal melonjak, cepat banjiri pasar.

Untuk itu, supaya para pejabat publik yang berasal dari parpol di­cintai rakyat, mereka harus selalu memperhatikan kepentingan orang-orang yang ada di level paling bawah. Sebab, orang miskin itu umumnya hanya berharap bisa memperoleh bahan pangan dengan harga murah.

Jadi, kalau ada spekulan yang coba-coba memainkan harga pangan, kepala daerah harus bertindak tegas. Cepat laporkan ke polisi dan tangkap spekulan tersebut.

Baca juga : Rampas Aset Koruptor

Oleh karena itu, di tahun politik ini, para politisi yang jadi pejabat publik harus membentengi rakyat dari upaya busuk penjahat ekonomi yang ingin merusak ekonomi rakyat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.