Dark/Light Mode

Jangan Curi Uang Rakyat

Sabtu, 3 Juni 2023 06:09 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Kita pun berharap, nantinya hanya orang-orang yang punya integritas tinggi, yang boleh menjadi pimpinan proyek (pimpro).

Supaya tidak terjadi kebocoran uang negara dalam pelaksanaan mega proyek, sejak awal Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) harus diikutsertakan dalam monitoring proyek.

Baca juga : Jangan Sakiti Rakyat Kecil

Begitu ada tanda-tanda pelaksanaan proyek melenceng, bisa langsung diluruskan. Dan, kemudian diperiksa, apakah proyek itu melenceng akibat kelalaian sang pimpro atau tidak.

Ke depan ini, upaya pencegahan korupsi dan pencurian uang rakyat mesti dilakukan lebih gencar lagi. Terutama untuk proyek-proyek besar dengan nilai ratusan miliar rupiah.

Baca juga : Tindak Tegas Pejabat Nakal

Untuk itu, pihak KPK dan Kejaksaan Agung perlu lebih sering mengingatkan para pimpro supaya menjauhi hal-hal yang berbau korupsi. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.