Dark/Light Mode

Ekonomi dalam Tekanan Covid-19

Senin, 30 Maret 2020 03:38 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Badai terus menerpa bumi pertiwi. Kali ini bukan politik tapi badai yang bisa memporakponda kehidupan keseharian rakyat kita. Sekarang memasuki pusaran badai ekonomi dan masalah kesehatan rakyat kebanyakan. Perang dagang ekonomi saat ini di bawah bayang-bayang perang senjata biologi yang mengancam banyak nyawa. Semua harus bersiaga.

Pemerintah saat ini harus memilih kebijakan dan keberpihakan yang bisa menyelamatkan negeri ini dari turbulensi ekonomi yang bisa jadi semakin dahsyat akibat tekanan Covid-19 ini. Jangan sampai salah langkah, karena bisa menyusahkan semua. Utamanya rakyat kebanyakan.

Baca juga : Jihad Lawan Covid-19

Negara harus memberi atensi ke beberapa aspek di luar ekonomi. Kini harus memberi atensi berlebih kepada kelompok lobi ekonomi yang mengintai aset republik tercinta. Mereka harus diberi keyakinan bahwa Indonesia semakin matang, kuat dan bertumbuh, serta terpenting tidak bisa disepelekan lagi.

Seluruh jaringan ekonomi sejatinya dikerahkan untuk membantu usaha-usaha kecil ke level menengah di tengah depreasiasi ancaman nyawa. Usaha-usaha raksasa juga harus mau sharing dan membantu kelompok usaha kecil menengah. Era-nya sinergi dan kolaborasi.

Baca juga : Hoax Covid-19

Sistem perekomian negara-negara mengalami instabilitas utamanya saat badai Virus Corona menerjang. Mereka tidak punya daya tahan dari guncangan-guncangan ekonomi yang kehilangan keteraturan. Berbeda nasib dengan kecil menengah yang bisa terdampak parah.

Mereka harus belajar berdamai dengan badai Covid-19. Harus bisa tetap berselancar di gulungan ombak tsunami ekonomi. Mereka harus bisa bergandengan tangan untuk melalui semua dengan baik dan kompak. Dan itu perlu bantuan kita semua utamanya negara.

Baca juga : Rupiah dan Covid-19

Kepada Presiden Jokowi, sebagai kontigensi darurat Covid-19, segera pertegas dan perbesar keberpihakan kepada mayoritas kelompok ekonomi di negeri ini. Mereka akan senang sekali dan pasti menyambut baik. Karena mereka teruji dan bisa kompak mengencangkan ikat pinggang lalu bersiaga menyelamatkan Indonesia dari pancaroba ekonomi yang terburuk sekali pun.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.