Dark/Light Mode

Cairkan Dana Untuk Rakyat

Sabtu, 4 April 2020 06:58 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Wabah virus Corana telah mengakibatkan sebagian besar kegiatan ekonomi rakyat di wilayah jabodetabek lumpuh. banyak buruh harian dan pekerja sektor informal kini tak bisa cari uang lagi.

Usaha mereka mati. Sebagian dari mereka akhirnya memilih pulang kampung. Inilah kemudian yang dikhawatirkan bisa menyebarkan virus Corona ke daerah-daerah. Upaya meminta buruh harian supaya tidak pulang kampung bukanlah hal yang mudah. Mereka butuh uang dan perlu makan. Artinya, kalau pemerintah bisa secepatnya mencairkan dana bantuan sosial, tentu mereka akan memilih tidak mudik.

Pihak Pemda bersama-sama dengan Kemenkeu dan Kemensos mesti bekerja ekstra cepat, supaya dalam hari-hari mendatang ini, buruh harian dan pekerja sektor informal yang sudah mati usahanya, bisa dapat bantuan dana untuk menyambung hidup. Hal serupa perlu diberikan kepada orang-orang yang kena PHK akibat perusahaan tempat mereka bekerja bangkrut.

Baca juga : Ayo Bantu Pekerja Harian

Untuk Jakarta saja perlu disiapkan bantuan sosial dan dana bantuan darurat bagi 2,5 juta orang. Sedangkan untuk wilayah Jabodetabek mungkin bisa bertambah jadi 4 juta orang. Jadi bantuan itu bukan hanya untuk rakyat miskin, tetapi juga bagi mereka yang kehilangan sumber pendapatan akibat wabah virus Corona.

Kita berharap bantuan itu tidak hanya berasal dari APBD dan APBN, tetapi juga dari BUMD dan BUMN. Dengan adanya tambahan bantuan dari BUMD dan BUMN diharapkan masyarakat yang tidak mudik merasa lebih tenang.

BUMN yang tahun lalu untung besar perlu mengalokasikan sebagian labanya untuk membantu para pekerja sektor informal yang usahanya mati.

Baca juga : Solidaritas Nasional

Kemudian, para konglomerat juga sudah saatnya terjun langsung memberikan bantuan dana dan sembako kepada orang-orang yang tak punya penghasilan lagi.

Kalau dalam waktu singkat untuk wilayah Jabodetabek secara gotong royong bisa disiapkan dana Rp 6 triliun bagi para pekerja harian dan pekerja sektor informal, tentu mereka akan mau tinggal di rumah dan tidak mudik.

Jadi kuncinya, segera cairkan dana untuk orang-orang yang sudah tidak punya penghasilan lagi. Baru kemudian minta mereka tidak mudik. Ini salah satu cara yang ampuh untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.