Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Solusi Hadapi Pandemi

Jumat, 7 Agustus 2020 07:27 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketika dunia medis menyatakan belum ada obat dan vaksin anti-corona, maka pilihan rasional yang harus  dilakukan agar tidak  terpapar dan tidak  mendapat kemudharatan jika terpapar ialah meningkatkan imun sistem kita. Tidak ada pilihan lain. Daya tahan dan  kekebalan tubuh kita-lah yang harus dijaga selalu prima.

Survei membuktikan, orang-orang yang dinyatakan positif corona lalu menjadi negatif corona alias sembuh 46 persen di Indonesia, semuanya, karena  mereka berhasil terus meningkatkan kekebalan tubuhnya. Ketika imun sistemnya meningkat, subhanallah, tubuh mempunyai daya tahan dan daya  lawan kepada virus corona. 

Baca juga : Vonis Mati

Wasilahnya bukan karena semata  pake masker atau physical distancing, tapi karena tubuh yang terjaga sehat mampu melakukan self defence & self attack kepada virus pengganggu. Pada dasarnya virus apa pun. Termasuk Covid-19.

Selain wasilah makanan sehat dan olah raga, kekebalan dan daya tahan  tubuh terpenting justru dibangun oleh kegiatan olah nyawa dan olah rasa yang rutin serta konsisten. Olah nyawa dan olah rasa terbaik dalam tradisi keagamaan kita tak lain ialah  istiqomah menjaga wudhu menegakkan shalat, berdzikir dan wirid, yang wajib maupun yang sunnah. 

Baca juga : Belajar ke Negeri China

Tujuan raga, nyawa, dan rasa kita rutin diolah agar keluar hormon bahagia penyehat jiwa raga, bernama,  hor­mon endorfin. Dengan hormon endorfin yang melimpah itulah maka pikiran dan perasaan menjadi slalu baik serta positif. Pikiran dan perasaan yang terjaga baik dan positif ini pula-lah yang  menyumbang terus naiknya tingkat imun sistem kita. Tingginya imun sistem menjadi sebab teologis-medis tubuh memiliki sistim pertahanan yang kokoh dan sekaligus memiliki kemampuan menyerang yang mematikan kepada segala jenis virus termasuk ‘si bangsat’ corona!

Oleh karenanya, pemerintah dan masyarakat harus bersama mendorong agar warga Indonesia, umat beragama, untuk memperbanyak ibadah. Karena kegiatan spiritual merupakan medium olah raga-nyawa-rasa yang bisa menjaga pikiran dan perasaan  bahagia, yang pada gilirannya, meningkatkam sistem kekebalan dalam tubuh kita.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.