Dark/Light Mode

Darurat Covid-19

Sabtu, 9 Januari 2021 05:55 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Kita berharap dengan PSBB ketat selama dua pekan, banyak orang bisa diselamatkan.

Kalau pemda berani memberikan sanksi tegas kepada para pemilik usaha non esensial yang melanggar aturan PSBB, angka penularan Covid bisa menurun lebih cepat.

Baca juga : Tahun Perang Lawan Covid

Dalam kondisi darurat Covid, pemda juga harus terus mengingatkan masyarakat supaya tinggal di rumah saja paling tidak selama dua pekan ke depan. Kalau terpaksa harus keluar rumah, jangan sekali-kali menga baikan protokol kesehatan. Jangan pernah melepas masker atau membuat kerumunan.

Kalau banyak orang mengabaikan protokol kesehatan, maka di saat ruang perawatan dan ICU terisi penuh, ledakan kasus baru Covid-19 sulit untuk bisa tertangani dengan baik.

Baca juga : Menteri Baru Jangan Korupsi

Jadi sekali lagi, kalau PSBB ketat diterapkan serius oleh para gubernur, bupati dan walikota di Jawa dan Bali yang daerahnya masuk zona merah, kita berharap akhir Januari ini lonjakan Covid blsa ditekan.

Tapi kalau aturan PSBB ketat dijalankan setengah hati dikhawatikan dalam dua tiga pekan mendatang, kasus positif bisa naik drastis.

Baca juga : Akhir Tahun Di Rumah Saja

Kita berharap dalam situasi darurat sekarang ini, semua pihak fokus mengatasi masalah tingginya angka penularan Covid. Caranya, batasi mobilitas masyarakat, terapkan protokol kesehatan secara ketat serta cepat tambah ruang perawatan dan ICU khusus Covid. **

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.