Dark/Light Mode

Ayo, Selamatkan Nyawa Rakyat

Sabtu, 23 Januari 2021 07:46 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Kita berharap tes massif PCR secepatnya dilakukan di Jawa Barat (terutama Bandung Raya) Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Jambi, Riau dan Sumatera Utara. Ini penting, supaya ke depan, apabila terjadi ledakan Covid, tidak ada lagi pasien dengan gejala berat tak bisa dirawat di ruang ICU.

Pihak Kemenkes juga sudah meminta para pemilik rumah sakit swasta supaya menambah ruang rawat dan ICU untuk pasien Covid, minimal 30 persen dari tempat tidur yang ada.

Baca juga : Fokus Perang Lawan Covid

Ini semua mesti segera direalisasikan supaya tak ada lagi pasien Covid dengan gejala berat terpaksa harus menunggu lebih dari satu hari di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) karena ruang rawat inap dan ICU penuh.

Untuk menekan angka penularan Covid, para gubernur, bupati dan walikota juga harus bersungguh-sungguh serta berperan sebagai panglima penerapan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak (tidak membuat kerumunan) dan mencuci tangan pakai sabun.

Baca juga : Darurat Covid-19

Kita berharap, pemerintah daerah secepatnya menggerakkan lagi kegiatan bagi-bagi masker.

Untuk pelaksanaan vaksinasi, pihak dinas kesehatan juga harus bekerja keras, sehingga semua tenaga kesehatan bisa divaksin sesuai jadwal. Begitu pula, vaksinasi untuk petugas pelayanan publik, pihak dinas kesehatan mesti menyiapkan datanya bersama instansi terkait.

Baca juga : Tahun Perang Lawan Covid

Sedangkan untuk menyelamatkan orang miskin dari ancaman kelaparan, dinas sosial bersama Kemensos harus menyiapkan data yang lebih akurat, berapa sebenarnya jumlah orang miskin yang layak dapat bantuan langsung tunai.

Kita berharap dengan menambah ruang rawat inap dan ICU khusus Covid, penerapan protokol kesehatan secara ketat, percepatan vaksinasi serta penambahan bantuan langsung tunai untuk orang miskin, puluhan ribu orang bisa diselamatkan dari ancaman kematian akibat serangan Covid-19. **

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.