Dark/Light Mode

Prokes Itu Kunci Buka Sekolah

Sabtu, 3 April 2021 06:21 WIB
ISWARA DARMAYANA
ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Protokol kesehatan (Prokes) adalah kunci utama bagi sekolah yang akan membuka kegiatan belajar tatap muka di masa Pandemi Covid-19. Artinya, sekolah yang belum siap menerapkan Prokes secara ketat, jangan coba-coba memulai kegiatan belajar tatap muka.

Kesiapan di sini meliputi, pengadaan sarana cuci tangan dan sabun, stok masker serta pembatas antar siswa di kelas.

Pemerintah memang telah memutuskan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas menjadi opsi yang wajib disediakan satuan pendidikan ketika pendidik dan tenaga kependidikan telah tuntas divaksinasi.

Berita Terkait : Rakyat Kecil Butuh Bansos

Tapi kita berharap hanya sekolah yang benar-benar siap menerapkan Prokes, yang diizinkan membuka sekolah secara terbatas.

Ini penting untuk mencegah penularan Covid. Sebab, kalau siswa tertular Covid, dengan cepat bisa menyebar ke orang tua dan keluarganya.

Kita juga berharap, sekolah yang akan melakukan kegiatan belajar tatap muka, menyiapkan fasilitas tes antigen untuk siswa dan guru.

Berita Terkait : Percepat Vaksinasi

Fasilitas tes ini penting untuk mengetahui secara dini, apabila ada siswa yang terpapar Covid.

Begitu ditemukan satu siswa saja positif Covid, sekolah harus ditutup kembali. Sebab, sekali lengah akan muncul kluster sekolah.

Penting pula untuk diperhatikan, yaitu sebelum sekolah dibuka, pihak Dinas Pendidikan dan Kantor Wilayah Kementerian Agama, wajib melakukan sosialisasi secara massif mengenai cara memakai masker yang benar, cuci tangan pakai sabun serta larangan membuat kerumunan.
 Selanjutnya