Dark/Light Mode

Percepat Vaksinasi

Sabtu, 27 Maret 2021 06:03 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Program vaksinasi nasional Covid-19 terus digenjot. Tidak hanya di kota-kota besar, tapi juga menyasar lansia dan petugas pelayanan publik di kota kabupaten dan kecamatan.

Sampai Jumat (26/3) kemarin, sudah lebih dari 10 juta orang divaksinasi.

Kita berharap awal Mei 2021, masyarakat umum sudah mulai divaksinasi, sehingga awal Juni bisa divaksinasi rata-rata 750 ribu orang per hari dan awal Juli satu juta orang per hari.

Baca juga : Ayo Kurangi Konsumsi BBM

Mereka yang telah divaksinasi beberapa pekan kemudian akan memiliki antibodi untuk melawan virus Corona.

Tapi karena masih ada kemungkinan tertular Covid, mereka yang sudah divaksinasi tak boleh lengah. Kalau keluar rumah, harus memakai masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan pakai sabun.

Memang kabar baiknya vaksinasi itu bisa mencegah sakit menjadi parah. Seperti vaksin influenza dan campak, kita masih bisa terinfeksi pasca vaksinasi, tapi gejalanya ringan.

Baca juga : Jangan Persulit Vaksinasi Covid

Meski demikian, agar tak tertular Covid-19, pasca vaksinasi kita wajib mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

Sekarang ini prioritas program vaksinasi adalah lansia. Diharapkan pertengahan Mei, 60 persen lansia di Jabodetabek selesai divaksinasi.

Kalau kelompok rentan sebagian besar sudah terlindungi, maka jumlah. pasien positif Covid dengan gejala berat bisa menurun drastis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.