Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kocok Ulang Kabinet?

Rabu, 14 April 2021 06:17 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabinet mau dikocok ulang lagi? Setelah reshuffle babak pertama bertiup kabar akan ada lagi. Semua melewati masa-masa yang tidak mudah. Masing-masing langsung diuji leadership dan kemampuan manajerial di tengah situasi abnormal. Situasi demikian sekaligus menjadi instrumen seleksi siapa yang terbaik dan patut dipertahankan.

Di masa-masa tersulit, kabinet ini dipersulit dengan perilaku kekuasaan salah satu anggotanya yang menyimpang dan belum sesuai harapan. Bener-bener mengusik kepercayaan. Presiden Jokowi mesti menunjuk pengganti yang bisa memulihkan kerusakan wibawa lembaga dimaksud.

Baca juga : Uji Nyali KPK

Setelah melalui masa-masa yang tidak mudah, maka sejatinya terbuka mana yang punya skills di atas rata-rata dan mana yang di bawah rata-rata. Oleh karenanya, jangan ragu bagi Jokowi untuk mengambil sikap tegas untuk ganti pemain yang punya rekam jejak yang excellent work. Ini agar target pertumbuhan tercapai.

Presiden beserta seluruh jajaran harus segera move on dari pandemi. Masa resesi yang masih membayang kehidupan perekonomian harus dilewati dengan baik. Sudah harus mulai mengerjakan real work dengan target-target pencapaian yang jelas.

Baca juga : Kengototan Pindah Ibu Kota

Sudah saatnya pemerintah bekerja dengan perencanaan. Tidak didikte dengan emergency situation. Semua rencana sudah memperhitungkan skenario terburuk. Jadi perencanaannya andal.

Oleh karena demikian, maka anggota tim yang tergabung ialah mereka yang memiliki sensitivitas dan sinergitas team work. Karena menyelesaikan persoalan bangsa ini perlu kekompakan. Kerja bareng dengan menjunjung prinsip sinergi dan kolaborasi.

Baca juga : Menjaga Iklim Demokrasi

Reshuffle kabinet merupakan opsi yang bisa dilakukan di tengah membumbungnya harapan. Lakukan apa yang semestinya dilakukan. Semoga ke depan makin joss saja. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.