Dark/Light Mode

Awas Covid-19 Meledak Lagi

Sabtu, 17 April 2021 06:01 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Angka penularan Covid-19 di Eropa, Afrika dan India dua pekan terakhir ini melonjak drastis. Ini bukti bahwa sedikit saja penduduk lengah terhadap protokol kesehatan (prokes), kasus positif Covid langsung meledak.

Kasus meninggal dunia akibat Covid-19 di 52 negara di Eropa telah mencapai lebih dari satu juta jiwa. Adapun di dunia, Covid-19 telah menginfeksi lebih dari 139 juta penduduk dan merenggut nyawa lebih dari 3 juta orang.

India melaporkan, Kamis (15/4) ada 200 ribu kasus baru Covid-19 dalam sehari dan Thailand melaporkan 1.335 kasus baru dalam sehari.

Baca juga : Rakyat Kecil Butuh Bansos

Penambahan kasus baru itu adalah yang tertinggi sejak pandemi menyerang kedua negara tersebut.

Sementara Turki pada Selasa (13/4) lalu melaporkan 59.187 kasus baru Covid-19, yang merupakan angka tertinggi sejak pandemi.

Ledakan Covid-19 juga terjadi di negara-negara Amerika Latin. Bahkan, sejak awal pekan ini, rumah sakit sudah tak mampu lagi menampung lonjakan pasien dengan gejala berat.

Baca juga : Prokes Itu Kunci Buka Sekolah

Lebih memprihatinkan lagi di beberapa negara ditemukan varian baru Covid-19. Meski belum menyebar luas, varian baru mesti diwaspadai. Caranya, perketat prokes dan batasi mobilitas penduduk.

Kita berharap, angka penularan Covid-19 di Indonesia yang sudah mulai menurun, terus dijaga supaya tidak melonjak lagi.

Perayaan keagamaan dan kegiatan politik praktis yang memicu kerumunan telah menyebabkan lonjakan kasus baru Covid-19 di beberapa negara. Ini pelajaran bagi kita untuk melarang keras kegiatan yang bisa memicu kerumunan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.