Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Awas Pungli Bansos Tunai

Sabtu, 31 Juli 2021 07:00 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Oleh karena itu, kita berharap, aparat di tingkat pusat yang mengurus bansos bersama-sama dengan petugas dinas sosial provinsi, kota dan kabupaten selalu menjaga integritas dan menjauhkan diri dari hal-hal berbau korupsi.

Orang-orang miskin di perkampungan padat penduduk sangat berharap bansos cair hari ini atau besok. Bansos itu untuk menyambung hidup. Bansos itu bisa dipakai untuk makan seminggu ke depan.

Baca juga : Bisnis Rakyat Kurang Oxigen

Sekali lagi kita berharap, tak ada lagi potongan uang bansos. Lurah atau kepala desa bersama-sama para ketua RW dan RT harus mengawal supaya bansos tunai utuh sampai ke tangan warga miskin.

Bupati dan para camat mesti bekerja keras mengawasi penyaluran bansos. Harus dicek, siapa saja yang sudah menerima bansos dan siapa yang belum kebagian. Wajib diamati pula, apakah ada penerima fiktif.

Baca juga : Orang Miskin Terjepit Covid

Pandemi Covid-19 telah merontokkan kehidupan rakyat di lapisan paling bawah. Mereka yang sebelumnya tergolong hampir miskin, kini jadi miskin. Sedangkan yang miskin, jadi makin miskin. Supaya kehidupan mereka tak semakin terpuruk, perlu secepatnya dikucurkan bantuan uang tunai, beras dan vitamin.

Bantuan sosial juga diharapkan datang dari para konglomerat. Sekarang ini saatnya orang-orang kaya berbagi dengan rakyat di lapisan paling bawah. Gerakan berbagi beras, vitamin dan uang tunai sudah waktunya dilakukan lagi oleh orang-orang berduit, sehingga rakyat kecil dan korban PHK bisa selamat dari ancaman kelaparan.

Baca juga : Tanda Bahaya Sudah Menyala

Pengetatan pembatasan mobilitas masyarakat yang dilaksanakan sejak awal Juli 2021 sangat memukul rakyat kecil yang tinggal di perkampungan padat penduduk. Mereka yang bekerja sebagai buruh harian dan pedagang asongan makin sulit mencari makan.

Oleh karena itu, kalau bansos tunai segera turun, ditambah bantuan beras dari pemerintah provinsi dan bahan makanan lainnya dari para konglomerat, orang-orang yang berada di lapisan paling bawah akan tertolong. Syaratnya, tak boleh ada pungli terhadap bansos. Baik itu bansos dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun sumbangan para konglomerat.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.