Dark/Light Mode

Awas Covid Varian India

Sabtu, 29 Mei 2021 06:13 WIB
ISWARA DARMAYANA
ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Meluasnya serangan Covid-19 varian baru, terutama varian India mesti diwaspadai pihak Satgas Covid dan petugas karantina kesehatan yang ada di pelabuhan dan bandara. Sebab, sekali saja lengah, virus Covid-19 varian India bisa meluas kemana-mana.

Virus varian India cepat sekali menular. Dalam waktu singkat, serangan virus ini akan membentuk kluster baru. Dimulai dari kluster keluarga, melebar ke kluster perumahan, RT, RW dan kelurahan.

Oleh karena itu, kita berharap pihak Satgas dan petugas karantina kesehatan bersikap tegas. Orang yang baru tiba dari luar negeri harus langsung diswab antigen dan PCR. Kemudian dikarantina. SedIkitpun tak boleh ada toleransi atau dispensasi.

Berita Terkait : Atasi Ledakan Covid Di Kudus

Khusus untuk kapal barang atau pesawat yang pernah singgah di pelabuhan atau bandara India, wajib dilakukan pemeriksaan ekstra ketat.

Kalau ada anak buah kapal yang pernah singgah di India, kemudian positif Covid-19, maka dia mesti diperiksa lebih detil, apakah terinfeksi virus varian India atau bukan. Setelah itu baru diisolasi.

Ini penting untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 varian baru.

Berita Terkait : Jangan Tutupi Data Covid-19

Kita tentu tidak ingin Covid varian India tiba-tiba menyebar kemana-mana dan kemudian pihak rumah sakit tak mampu lagi mengatasinya.

Untuk itu, di kota-kota pelabuhan di Jawa, Bali, Sumatera dan Kalimantan, pihak Satgas Covid-19 dan dinas kesehatan setempat mesti secepatnya menggencarkan tes swab PCR ke perumahan dan perkampungan padat penduduk yang warganya banyak terinfeksi Covid-19.

Di kota-kota yang sejak awal pekan ini terjadi lonjakan kasus positif Covid-19, kita berharap, pihak dinas kesehatan meningkatkan tes swab PCR tiga kali lipat dari testing sebelum bulan puasa lalu.
 Selanjutnya