Dark/Light Mode

Laga Uji Coba

Ditekuk Afghanistan 0-1, Shin Tae-yong: Pemain Mengalami Jet Lag

Rabu, 17 November 2021 05:05 WIB
Duel timnas Indonesia lawan Afghanistan pada laga uji coba, Selasa (16/11) malam. (Foto : PSSI)
Duel timnas Indonesia lawan Afghanistan pada laga uji coba, Selasa (16/11) malam. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Afghanistan di laga ujicoba pada Selasa (16/11) malam WIB. Skuad Garuda menyerah  dengan skor tipis 0-1 di Stadion Gloria, Antalya, Turki. 

Tim merah putih sejatinya mampu memberikan perlawanan dan bahkan mampu menciptakan peluang, tapi  sayang gagal memanfaatkan setiap peluang yang ada menjadi gol.

Sampai akhirnya Afghanistan mampu mencuri gol di menit akhir laga tepatnya menit ke-85. Gol tersebut diciptakan oleh Omid Popalzay yang memanfaatkan kesalahan komunikasi lini belakang Indonesia.

Sejak menit-menit awal kedua tim berusaha untuk saling menyerang. Permainan cepat sempat mewarnai pertandingan tersebut.  

Baca juga : Jelang Tanding Lawan Afghanistan, Shin Tae-yong Yakin Kekuatan Skuad Garuda

Meski Afghanistan mampu menguasai bola lebih baik, Indonesia lebih banyak menciptakan peluang. 

Pada menit ke-23, Afghanistan hampir memimpin jalannya pertandingan beruntung  tembakan yang mengarah ke gawang Indonesia dapat diantisipasi oleh kiper Indonesia.

Saat 15 menit menjelang babak pertama berakhir, Afghanistan kembali menguasai jalannya pertandingan.

Lini pertahanan Indonesia pun harus bekerja ekstra agar mampu menghalau serangan lawan. Meski begitu, tidak ada gol yang tercipta pada babak pertama pertandingan tersebut. Indonesia dan Afghanistan pun imbang 0-0 hingga waktu turun minum tiba.

Baca juga : Orang Tua Nggak Usah Ragu

Memasuki babak kedua, baik Afghanistan maupun tim merah putih. Tampil menekan seperti babak pertama. Indonesiapun beberapa kali mampu menciptakan peluang begitu juga Afghanistan. 

Hingga akhirnya Afghanistan mampu mencuri gol di menit akhir laga tepatnya menit ke-85. Gol tersebut diciptakan oleh  Omid Popalzay yang memanfaatkan kesalahan komunikasi lini belakang Indonesia.

Indonesia berusaha bangkit tapi sayang hingga peluit berbunyi kedudukan tetap 1-0 untuk tuan Afghanistan. 

Usai pertandingan pelatih Indonesia, Shin Tae-yon angkat bicara. Dia menyebut  masalah utama Indonesia bisa kalah untuk kali kedua dari Afghanistan adalah seringnya melakukan kesalahan sendiri.

Baca juga : Man United Dibantai 5-0, Solskjaer: Kami Menabrak Tembok

Dan itu berdampak krusial bagi permainan, contohnya kebobolan yang dialami Indonesia disebabkan oleh passing-passing yg kurang akurat

"Sangat disayangkan kita mendapatkan hasil tersebut. Seharusnya kita bisa menang di pertandingan ini, ada taktik yang tidak berjalan dan juga pemain mengalami jetlag," kata Shin.

Kondisi pemain belum begitu baik dan untuk pertandingan selanjutnya kami harus menang. Kesalahan passing harus kami perbaiki, gol yang terjadi karena kesalahan passing yang dilakukan," lanjut dia. 

Untuk diketahui ini jadi kekalahan kedua beruntun Indonesia dari Afghanistan di ajang yang sama. Di laga perdana Indonesia kalah dengan skor 2-3 pada bulan Mei 2021 lalu. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.