Dewan Pers

Dark/Light Mode

Zhou Guanyu, Pembalap China Pertama Tampil Di F1

Kamis, 18 Nopember 2021 06:05 WIB
Pembalap China, Zhou Guanyu. (Foto : Ist)
Pembalap China, Zhou Guanyu. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembalap China, Zhou Guanyu, akan membela tim Alfa Romeo pada musim Formula 1-2022. Zhou akan menjadi pembalap China pertama yang berlaga di ajang Formula 1.

Saat ini, Zhou Guanyu (22) menduduki peringkat kedua di klasemen kejuaraan Formula 2-2021 dan diprediksi luas akan menyabet satu tempat di tim Alfa Romeo dalam beberapa bulan.

Pria kelahiran Shanghai itu pun disebut akan membawa dukungan komersial yang cukup besar. “Saya bermimpi sejak usia muda untuk mendaki setinggi mungkin dalam olahraga yang saya gemari, dan kini mimpi itu menjadi kenyataan,” ujar Zhou dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Alfa Romeo.

Berita Terkait : Kerap Terbakar, Puan: Keamanan Kilang Pertamina Harus Diaudit

Menurutnya, menjadi pembalap China pertama di ajang Formula 1 merupakan terobosan sejarah olahraga otomotif China.

Zhou akan berdampingan dengan pemenang Grand Prix 10 kali Valtteri Bottas, yang kepindahannya dari juara bertahan Mercedes ke Alfa Romeo telah diumumkan sebelumnya pada tahun ini.

Untuk bergabung dengan Alfa Romeo, Zhou akan memutus hubungan dengan program pembalap junior Alpine, yang telah diikutinya pada 2019, dengan harapan dapat berlaga di ajang F1 bersama konstruktor asal Prancis tersebut.

Berita Terkait : Perpustakaan Tidak Boleh Dianaktirikan

Dia telah menjalani pengujian yang ekstensif dari tim Alpine dengan mengendarai mobil berusia dua tahun, dan ambil bagian dalam sesi latihan F1 untuk kali pertama pada GP Austria tahun ini. Ketika Zhou mengambil alih mobil Fernando Alonso.

Namun, mengingat Alonso dan mitranya saat ini, Esteban Ocon, akan tetap membalap untuk tim Alpine musim depan, Zhou terpaksa mencari tempat lain untuk mendapatkan satu slot pembalap pada musim 2022.

Zhou dan Bottas akan membentuk formasi baru bagi tim Alfa Romeo tahun depan. Pasangan itu menggantikan posisi Antonio Giovinazzi dan Kimi Raikkonen yang pensiun.

Berita Terkait : Bantuan Sembako Kapolri Untuk Buruh Sampai Di Sumsel

Berita kepindahan Zhou ke Alfa disambut hangat oleh banyak pihak di paddock F1, mengingat potensinya dalam meningkatkan profil olahraga itu di pasar China menguntungkan.

“Ini berita yang fantastis bagi F1 dan jutaan penggemar China yang bersemangat kini memiliki pahlawan tuan rumah untuk disemangati sepanjang tahun,” tutur CEO F1 Stefano Domenicali. {KW}