Dark/Light Mode

JAPFA Dan Percasi Gelar Turnamen Catur 2021 Untuk Kawula Muda

Kamis, 2 Desember 2021 17:59 WIB
Foto:Dok. JAFPA
Foto:Dok. JAFPA

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) kembali bekerja sama dengan PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) untuk menggelar turnamen catur bertaraf internasional bertajuk JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada 4-8 Desember ini di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta diperuntukkan bagi generasi muda catur Indonesia untuk mempersiapkan dan mengembangkan potensi mereka memasuki kancah persaingan catur global.

 Sejak berdiri pada 17 Agustus 1950, Percasi sendiri telah melahirkan 8  Grandmaster pria antara lain GM Herman Suradiradja, GM Ardiansyah, GM Utut Adianto, GM Edhi Handoko, GM Ruben Gunawan, GM Cerdas Barus, GM Susanto Megaranto dan terakhir GM Novendra Priasmoro.

Baca juga : IMI Bakal Gelar Kejurnas Balap Motor Bebek Piala Presiden

Ada Juga 2  Grandmaster wanita yakni WGM Irene Kharisma Sukandar dan WGM Medina Warda Aulia.

Direktur Corporate Affairs JAPFA Rachmat Indrajaya menuturkan, “Menjalin kerja sama dengan PB Percasi sejak tahun 2000 merupakan salah satu komitmen JAPFA untuk terus memberikan segala dukungan dalam mengasah kemampuan pecatur Indonesia dan menyiapkan para atlet muda untuk meneruskan jejak Grandmaster unggulan Indonesia di kancah internasional.

Upaya untuk melahirkan Grandmaster baru terus dilakukan JAPFA dan PERCASI dengan melaksanakan turnamen-turnamen yang bermutu.

Baca juga : Jonan Raih Gelar Doktor Honoris Causa Dari Unair

Meskipun catur merupakan olahraga yang diminati berbagai lapisan masyarakat di Indonesa, bahkan kini berkembang pula menjadi olahraga yang prestisius.

Dalam perjalanannya selama 71 tahun, ternyata dunia catur Indonesia hanya memiliki sepuluh “bintang”. Hal ini membuktikan bahwa mencetak seorang Grandmaster maupun Grandmaster Wanita bukanlah hal yang mudah, diperlukan bibit-bibit pecatur baru untuk meneruskan tongkat estafet catur Indonesia.

“Karenanya PB Percasi sangat mengapresiasi dan mendukung berbagai turnamen yang diselenggarakan berbagai pihak untuk membantu melahirkan para “bintang” baru di dunia catur Indonesia.

Baca juga : Anis Matta Pastikan Partai Gelora Terbuka Untuk Semua Kelompok

"JAPFA, yang selama ini telah bersinergi bersama kami dan senantiasa mendukung olahraga catur Indonesia melalui berbagai inisiasi acara dan turnamen yang telah diselenggarakan selama ini,” ujar GM Utut Adianto, Ketua Umum PB Percasi, Kamis (2/12).

JAPFA Fide Rated Chess Tournament 2021 merupakan turnamen yang terbuka untuk umum dengan menggunakan sistem Swiss 9 Babak, dimana memiliki total hadiah Rp 110.500.000. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.