Dark/Light Mode

Liga 1 Indonesia

Tutup Seri 3, Persib Di Posisi Kedua Klasemen Usai Menang 1-0 Lawan Persik

Minggu, 12 Desember 2021 19:56 WIB
Selebrasi Frets Butuan Cs usai mencetak gol ke gawang Persik Kediri. (Foto : Persib)
Selebrasi Frets Butuan Cs usai mencetak gol ke gawang Persik Kediri. (Foto : Persib)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persib Bandung akhirnya menutup seri ketiga Liga 1 dengan raihan tiga poin. 

Maung Bandung menang 1-0 atas Persik Kediri pada laga penutup putaran pertama Liga 1 2021/2022 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (12//12).

Pangeran Biru memastikan kemenangannya berkat gol Frets Butuan pada menit 17. 

Kini Persib menempati posisi kedua klasemen sementara dengan 34 poin atau beda tiga poin dengan Bhayangkara FC di puncak klasemen.

Baca juga : Beckham Absen Lawan Persik Kediri

Dilansir laman resmi klub, Persib melakukan tiga pergantian menghadapi Persik Kediri. Teja Paku Alam kembali turun sebagai starter menggantikan M. Natshir, Ardi Idrus menggantikan Zalnando dan Erwin Ramdani turun sejak menit awal menggantikan Beckham Nugraha. 

Serangan Persib dimotori Marc Klok yang mencatatkan penampilan ke-15 untuk Pangeran Biru musim ini. Pemain asal Belanda itu juga mencatatkan penampilan yang ke-100 selama berkarier di kompetisi Liga 1. 

Persib langsung mengirimkan serangan ke jantung pertahanan Persik. Pada lengan para pemain Persib melingkar pita hitam sebagai wujud duka cita terhadap wafatnya Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, Jumat, 10 Desember 2021 lalu.

Persib mendapat peluang pertamanya di menit dua. Febri Hariyadi melepaskan sepakan kaki kiri tepat sasaran tapi masih belum menjadi gol. Kebuntuan pecah di menit 17 melalui Frets Butuan yang menyambar bola liar dengan sebuah sepakan kaki kiri. 

Baca juga : Masuk 3 Besar, Persebaya Makin Ditakuti Lawan

Persib  terus menekan melalui aksi-aksi dari Wander Luiz. Sedangkan Persik sempat mengancam melalui striker Youssef Ezzejjari, tapi gawang Persib masih aman dari kebobolan. Hingga babak pertama berakhir, skor masih bertahan 1-0 untuk keunggulan Pangeran Biru.  

Di babak kedua, Persik tampil lebih menyerang. Tapi antisipasi yang sangat baik mampu diperagakan kiper Persib, Teja Paku Alam. Sayangnya, di menit 48 Marc Klok mendapat gangguan di kakinya dan tak bisa melanjutkan pertandingan. Klok pun digantikan oleh Abdul Aziz.

Kartu kuning pertama di laga ini baru keluar dari saku wasit di menit 59. Sayangnya, kartu kuning itu diterima oleh bek kiri Persib, Ardi Idrus. Tak lama, cedera juga dialami oleh Erwin Ramdani. Erwin bahkan harus ditandu ke luar lapangan dan digantikan oleh Esteban Vizcarra. 

Di menit 77, Persib berusaha melancarkan serangan melalui Febri Hariyadi tapi dijatuhkan oleh Risna Prahalabenta dan berbuah kartu kuning untuk pemain Persik itu. Beruntung, Febri tak mendapat cedera serius akibat tekel itu dan bisa melanjutkan pertandingan. 

Baca juga : Arema Vs Borneo, Misi Singo Edan Putus Rekor Buruk

Persib menciptakan peluang di menit 80. Esteban mengirimkan umpan silang ke mulut gawang dan bola mampu disambar Luiz, tapi tandukannya bisa diblok pemaiin bertahan Persik. Lima menit berselang, pelanggaran dilakukan Wander Luiz dan menghasilkan kartu kuning untuknya. 

Di menit 89, Persik kehilangan satu pemainnya karena kartu kuning kedua yang didapat Septian Bagaskara. Kartu kuning pertama Septian didapatnya di menit 82. Meski harus bermain dengan sepuluh pemain, Persik masih tampil mengancam. 

Di menit-menit akhir pertandingan, Dedi Kusnandar juga mengalammi cedera dan kemudian digantikan oleh Mario Jardel. Pergantian lainnya dilakukan oleh Pangeran Biru dengan menarik Febri untuk digantikan oleh Supardi. Wasit akhirnya meniupkan peluit panjang tanda laga berakhir dengan skor 1-0. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.