Dark/Light Mode

Sean Juara Nasional Reli Danau Toba 2021, Bamsoet Beri Pujian

Kamis, 16 Desember 2021 10:14 WIB
Pembalap Sean Gelael (kiri) bersama Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo. (Foto: Dok. IMI)
Pembalap Sean Gelael (kiri) bersama Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo. (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi keberhasilan pembalap Sean Gelael memenangi Kejuaraan Nasional Reli Danau Toba 2021, di Aek Nauli dan Gorbus, Sumatera Utara. Menjadi pemenang di putaran I, Sabtu (11/12), dan runner-up pada putaran II, Minggu (12/12), membawa Sean menjadi juara nasional Kejurnas Reli Danau Toba 2021.

"Sean Gelael sebagai pembalap muda mampu membuktikan kemampuan dalam menjuarai berbagai kejuaraan balap, baik di dalam ataupun luar negeri. Prestasi Sean mendapatkan gelar juara nasional di ajang Kejurnas Reli Danau Toba 2021 ini, sekaligus menyamai pencapaian sang ayah, Ricardo Gelael, yang meraih gelar itu pada tahun 2006," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, di Jakarta, Kamis (16/12).

Baca juga : Sean Menangi Kejurnas Reli Danau Toba Putaran Pertama, Bamsoet Ikut Happy

Ketua MPR ini menjelaskan, performa Sean dalam Reli Danau Toba 2021 putaran II sangatlah bagus. Tidak jauh berbeda saat berkendara di putaran I. Sean mampu unggul jauh dari para lawannya di satu special stage (SS) ke SS berikutnya.

"Sean unggul keseluruhan hingga SS4. Pada SS1 Sean unggul 37,2 detik atas sesama pembalap Team Jagonya Ayam Nuno Pinto yang berada di belakang Sean. Dilanjut unggul 28,1 detik di SS2, 44 detik di SS3, dan 41 detik di SS4. Sehingga, total keunggulan Sean atas Nuno 150,3 detik atau 2 menit 30,3 detik," papar Bamsoet.

Baca juga : Kemenag Cabut Izin Operasional Ponpes Manarul Huda Antapani Bandung

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB Kodrat) ini melanjutkan, dari 6 SS yang rencananya dilombakan, SS terakhir dibatalkan karena faktor keamanan. Pada SS5 di saat balapan akan berakhir sekitar 5 km lagi dari 14 km panjang SS, Sean mengalami insiden. Mobilnya tergelincir sehingga membuat dia dan co-driver Hugo Ismael tidak bisa menuntaskan SS terakhir pada waktunya.

"Akibat insiden tersebut, Sean terkena penalti 2,5 menit, yang ditambah dari waktu tercepat yang dibuat Nuno. Tambahan waktu tersebut membuat Sean finis di posisi dua, di belakang Nuno. Namun, secara total perolehan waktu di putaran I dan II, Sean tetap menjadi juara nasional Reli Danau Toba 2021," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.