Dewan Pers

Dark/Light Mode

Sean Menangi Kejurnas Reli Danau Toba Putaran Pertama, Bamsoet Ikut Happy

Minggu, 12 Desember 2021 08:15 WIB
Kejuaraan Nasional Reli Danau Toba 2021 (Foto: Dok. IMI)
Kejuaraan Nasional Reli Danau Toba 2021 (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi keberhasilan pembalap Sean Gelael memenangi Kejuaraan Nasional Reli Danau Toba 2021 putaran pertama, di area Aek Nauli, Simalungun, Sumatera Utara, Sabtu (11/12). Sean, yang mengusung Team Jagonya Ayam, mampu membalap dengan baik dan tenang selama 6 special stage, sehingga mampu menyingkirkan para pembalap lainnya.

"Performa Sean Gelael pada Reli Danau Toba 2021 ini seperti menuntaskan rasa penasaran di ajang sama dua tahun lalu. Berbekal skill bagus, mobil Citroen C3 R5 yang cepat, kru teknis oke, Sean terbukti sangat cepat dan tanpa perlawanan di putaran pertama Kejurnas Reli Danau Toba 2021," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, di Jakarta, Sabtu (11/12).

Berita Terkait : Satu Keluarga Tewas Akibat Kebakaran Di Tambora, Jakbar

Ketua MPR ini menuturkan, di 2019 pada ajang yang sama, Sean gagal menang karena penalti besar walau sudah sempat unggul jauh. Tahun ini, Sean mulus tanpa hukuman dan meraih keinginannya untuk menaklukan reli di destinasi wisata utama Indonesia yang terletak di Sumatera Utara itu. 

"Sejak SS1, Sean langsung melesat dan rata-rata unggul di atas 40 detik. Pesaing terdekatnya adalah Subhan Aksa, juara nasional 2019. Sampai break setelah 3 SS di pagi hari, Sean unggul 2 menit lebih. Dan saat finis, Sean total membuat catatan waktu 1 jam 14,2 detik, unggul 4 menit 48 detik atas Subhan yang meraih pada posisi kedua," kata Bamsoet.

Berita Terkait : Mendagri Kembali Ingatkan Daerah Percepat Realisasi Belanja

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, pada sesi shakedown yang dilakukan pada Jumat (10/12), Sean juga berhasil menjadi yang tercepat. Mengendarai Citroen C3 R5, Sean melakukan dua run saat shakedown. Pada run 1, Sean masih belum menunjukkan taji, karena hanya mencatat 2 menit 46,9 detik.

"Barulah pada run 2 dia melesat cepat bersama co-driver Hugo Magalhaes Ismael. Sean membuat catatan 1:43, yang secara umum unggul atas Nuno Pinto yang juga tergabung dalam Team Jagonya Ayam dengan catatan waktu 1:48,8," jelas Bamsoet.

Berita Terkait : Kecelakaan Saat Reli Di Meikarta, Bamsoet Baik-baik Saja

Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat ini menambahkan, putaran kedua Kejurnas Reli Danau Toba 2021 akan dilangsungkan pada hari ini, Minggu (12/12). Team Jagonya Ayam masih akan mengandalkan pasangan Sean/Hugo. Sementara mobil kedua akan dikendarai duet Portugal, Nuno Pinto/JJ Pereira.

"Saya optimistis Sean bisa kembali keluar sebagai juara pada putaran kedua besok. Gaya membalap Sean bisa menguntungkan kondisi di lintasan apa pun. Dia cepat beradaptasi pada lintasan berlumpur maupun bebatuan," pungkas Bamsoet. [USU]