Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Piala AFF 2020

Jelang Leg Kedua, Shin Tae-yong: Indonesia Harus Menang Lawan Singapura

Jumat, 24 Desember 2021 21:18 WIB
Pelatih Timnas Shin Tae-yong. (Foto: Istimewa)
Pelatih Timnas Shin Tae-yong. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menegaskan pada leg  kedua Indonesia harus menang dan lolos ke final tanpa adu penalti leg kedua semifinal Piala AFF 2020 melawan Singapura di Stadion Nasional, Singapura, Sabtu (25/12).

Drama adu penalti memang ada kemungkinan terjadi, apalagi sebelumnya berakhir dengan kedudukan 1-1.

"Adu penalti bisa kemungkinan terjadi. Tapi tidak boleh sampai kesana.Saya pun belum memikirkan siapa yang akan menjadi penendang penalti andai itu terjadi," ujar pelatih asal Korea Selatan itu, Jumat (24/12).

Baca juga : Maju Ke Semi Final Piala AFF 2020, Ini Harapan Shin Tae-yong Buat Timnas Indonesia

Fase gugur Piala AFF 2020 memang tak mengenal keunggulan gol tandang. Bila kedua tim bermain seri atau imbang maka pertandingan semifinal berlanjut ke babak tambahan 2x15 menit dan adu penalti jika diperlukan. 

Shin Tae-yong lebih suka bila pertandingan tidak melewati drama adu penalti.Oleh sebab itu Shin harus memutar otak agar skuad Garuda bisa menyelesaikan pertandingan itu tanpa penalti.

"Otomatis saya harus menyiapkan strategi yang jauh lebih efektif. Kami harus lebih baik dari leg pertama," ujar Shin. 

Baca juga : Sikat Malaysia 4-1, Timnas Indonesia Juara Grup B

Menurutnya semua pemain timnas Indonesia sudah dalam kondisi siap tempur untuk pertandingan tersebut.

Pemain klub Liga Slovakia, FK Senica, Egy Maulana Vikri sejak Kamis juga sudah berlatih bersama tim dan berpotensi memainkan pertandingan perdananya di Piala AFF 2020.

Begitu juga gelandang lincah Ramai Rumakiek pun sudah menyelesaikan sanksi absen satu laga akibat akumulasi kartu kuning.

Baca juga : Idris Laena: Menangkan Golkar Dan Airlangga!

Ramai menyatakan bahwa dia dan rekan-rekannya fokus untuk laga leg kedua yang dianggapnya berat karena Singapura berstatus tuan rumah turnamen.

"Yang patut diwaspadai menurut Ramai adalah kelengahan di lini pertahanan. Situasi seperti itu berujung pada gol penyama kedudukan Singapura pada leg pertama," ujar Ramai. [WUR

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.