Dark/Light Mode

Maruf Amin Prihatin

Tim Nasional Indonesia Sebatas KW

Kamis, 13 Desember 2018 16:53 WIB
Cawapres No Urut 1, KH Maruf Amin. (Foto; IG @khmarufamin)
Cawapres No Urut 1, KH Maruf Amin. (Foto; IG @khmarufamin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin mengaku selalu mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia. Meskipun, saat ini dirinya tengah disibukkan oleh kegiatan kampanye. 

Ma’ruf mengakui bahwa prestasi sepak bola Indonesia, khususnya Timnas, jauh menurun, ketimbang prestasi Timnas pada masa lalu. Dia lalu membandingkan kondisi Timnas Indonesia saat ini dengan Timnas era 1950-an. 

Baca juga : Semakin Lebar, Akses Perdagangan Indonesia Ke EFTA

Kala itu, kata Ma’ruf skuat Indonesia sangat dipandang oleh tim-tim Eropa karena kualitasnya. Mantan Rais Aam PBNU itu mencontohkan salah satu pemain Timnas Indonesia “zaman old” yang berkualiatas. Dia adalah Ramang.

“Zaman itu juga ada penjaga gawangnya Maulwi Saelan. Hebat itu dulu. Dulu bisa memang lawan timnas Australia, bisa imbang dengan Lokomotif Moskow. Jadi sekarang apa kita yang ketinggalan atau orang lain yang cepat pintar?” kata Ma’ruf di Jakarta kemarin.

Baca juga : Smartfren Gandeng Bekraf dan Perpustakaan Nasional, Ajak Millennials Tembus Batas Kreatifitas

“Kondisi timnas saat ini masih sebatas “KW” atau imitasi karena belum berprestasi,” tambahnya.Di sisi lain, Ma’ruf juga mengaku juga paham dengan sepak bola dunia. Bahkan, Ma’ruf menyebutkan bahwa klub favoritnya adalah AC Milan, ketika tim asal Italia itu diperkuat trio Belanda, Ruud Gullit, Frank Rijkaard, dan Marco Van Basten. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.