Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Atlet AS Hadiri Pembukaan Olimpiade Beijing Saat Gedung Putih Memboikot

Jumat, 4 Februari 2022 21:36 WIB
Tim Amerika Serikat dalam Upacara Pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Beijing National Stadium, China, Jumat (4/2) (Foto Getty Images/Lintao Zhang Via CNN)
Tim Amerika Serikat dalam Upacara Pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Beijing National Stadium, China, Jumat (4/2) (Foto Getty Images/Lintao Zhang Via CNN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski Pemerintah Amerika Serikat memboikot Olimpiade Musim Dingin Beijing, ratusan atlet asal Paman Sam itu tetap mengikuti Upacara Pembukaan Olimpide. 

Atlet AS Brittany Bowe dan John Shuster pembawa bendera untuk kontingen atlet AS ketika mereka melakukan parade di National Stadium Beijing, Jumat malam (4/2).

Baca juga : Kenalkan Willow, Penghuni Baru Gedung Putih

Sementara itu, Desember lalu, Pemerintahan Presiden Joe Biden mengumumkan, tidak akan mengirim delegasi resmi AS ke Olimpiade sebagai bentuk menentang genosida etnis Uighur dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang sedang berlangsung di Xinjiang.

" Atlet AS masih diizinkan bertanding di Olimpiade, tetapi pemerintah tidak akan mengirim perwakilannya ke Olimpiade. Kebijakan yang sama berlaku untuk Paralimpiade, yang juga berlangsung di Beijing. Gedung Putih ingin mengirim pesan yang jelas bahwa pelanggaran hak asasi manusia di China bukan hal biasa," kata Psaki kepada wartawan pada briefing Gedung Putih.

Baca juga : Banteng Lampung Rombak Pengurus

"Atlet yang bertanding mendapat dukungan penuh dari pemerintah, tetapi pemerintah tidak akan berkontribusi pada kemeriahan pertandingan," imbuh Psaki.

Ketua Tim AS Rick Adams mengkonfirmasi, 177 atlet AS akan mengikuti parade Upacara Pembukaan. "Dalam hal upacara pembukaan, bahkan mungkin rekor, kami sudah siapkan 80 persen atlet kami parade malam ini," kata dia dalam konferensi pers.

Baca juga : Joss! Awal Pekan Rupiah Langsung Meroket

Laporan Washington Post pada Kamis (3/2) menyebutkan, aktivis hak asasi manusia yang berbasis di AS telah bekerja sama dengan atlet dari beberapa negara Barat untuk memboikot upacara tersebut. Namun sejatinya, kehadiran pada upacara pembukaan Olimpiade adalah tidak wajib bagi atlet yang memang kerap melewatkannya karena berbagai alasan.[MEL

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.