Dark/Light Mode

Copa America 2019

Brazil vs Venezuela, Hindari Sindrom Babak Pertama

Selasa, 18 Juni 2019 05:49 WIB
Pemain Brazil merayakan kemenangan 3 - 0 atas Bolivia pada laga pembuka Grup A. (Foto : twitter@twt_bal)
Pemain Brazil merayakan kemenangan 3 - 0 atas Bolivia pada laga pembuka Grup A. (Foto : twitter@twt_bal)

RM.id  Rakyat Merdeka - Brazil akan menghadapi Venezuela dalam laga Copa America Grup A pada Rabu (19/6) pagi WIB. Ini kesempatan besar bagi Selecao julukan Brazil untuk melaju ke 16 besar.

Saat ini Brazil meraih tiga poin dan duduk di puncak klasemen. Venezuela di urutan kedua dengan nilai satu. Kalau mampu menggulung lawan di Fonte Nova, Brazil berhak lolos minimal jadi runner up Grup. Seperti diketahui juara dan runner up grup berhak lolos ke delapan besar. Dua tiket tersisa akan diambil dari dua ranking tiga terbaik.

Brazil tetap kuat meski tanpa Neymar, yang absen di turnamen ini akibat cedera. Itu terbukti dengan kemenangan 3-0 atas Bolivia di laga pembuka. Namun harus diakui, Brazil sedikit terlambat panas. Ketika melawan Bolivia, anak-anak asuh Tite langsung mendominasi pertandingan, tapi tak mampu mencetak gol di babak pertama.

Berita Terkait : Sikat Ekuador, Uruguay Tebar Ancaman

Itu membuat mereka dicemooh oleh para suporternya. Serangan- serangan mereka baru membuahkan hasil di babak kedua. Philippe Coutinho membuka keunggulan Brazil lewat eksekusi penalti di menit 50, kemudian menggandakannya dengan gol yang dia cetak dari assist Roberto Firmino pada menit 53. Everton Soares menegaskan kemenangan Selecao dengan golnya di menit 85.

Sementara itu, Venezuela bermain imbang tanpa gol melawan Peru di laga pertamanya. Bermain dengan sepuluh orang sejak bek kiri Luis Del Pino mendapatkan kartu kuning kedua pada menit 75, Venezuela masih mampu mengamankan satu angka. Kiper Wuilker Farinez bermain gemilang dengan mementahkan lima peluang emas lawan.

Bagi Brazil, di atas kertas, laga melawan Venezuela bakal lebih berat daripada laga melawan Bolivia. Ditopang pemain-pemain seperti kapten Tomas Rincon (Torino) dan nomor 10 Jefferson Savarino di lini tengah serta striker Salomon Rondon (Newcastle) di lini serang, Venezuela tak bisa diremehkan.

Berita Terkait : Filipe Luis Ogah Ngomongin Transfer

Venezuela pasti siap habis- habisan demi coba mencuri angka dari Brazil guna menjaga peluang lolos ke perempat final. “Kami harus tampil lebih baik daripada ketika mengalahkan Bolivia. Di babak pertama kami kesulitan menghadapi mereka,” kata Pelatih Brazil Tite.

Barisan belakang Brazil perlu mewaspadai serangan balik Venezuela. Tak kalah penting, Selecao juga harus langsung coba menggebrak dari menit awal. Jika bisa mencetak gol di babak pertama, tak seperti melawan Bolivia, maka tekanan dari para suporter tuan rumah bakal hilang. Jalan menuju kemenangan pun akan terbuka.

Di laga Grup A lainnya, Bolivia akan menghadapi Peru. Berikutnya, 23 Juni mendatang, Venezuela akan melawan Boliva, dan Brazil akan ditantang Peru. [KW]